#5 Kewajiban Guru Dalam Tugas Keprofesionalannya

Nadi Guru – Guru merupakan sebuah pekerjaan yang berhubungan dengan profesi. Sejak adanya Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (UUGD), guru diwajibkan untuk melanjutkan jenjang pendidikan menjadi minimal memiliki gelar sarjana (S1).
#5 Kewajiban Guru Dalam Tugas Keprofesionalannya
Selain itu, guru pun diharuskan untuk mengikuti sertifikasi. Hal itu tentunya untuk menjadikan guru lebih professional lagi. Dengan ditujukan sebuah bukti dalam bentuk sertikat pendidik.
Adanya sertifikasi, memanglah berpengaruh besar terhadap karier seorang guru. Pasalnya secara jelas akan meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Dan itulah balasan yang akan diterima oleh guru sebagai haknya.
Sementara itu, dibalik haknya ternyata guru juga memiliki setidaknya 5 kewajiban dalam menjalankan tugas keprofesionalannya. Hal itu sebagaimana dilansir dari UUGD Nomor 14 tahun 2005, sebagai berikut:
  • Merencanakan pembelajaran, melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu, serta menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran;
  • Meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akadernik dan kompetensi secara berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni;
  • Bertindak objektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama, suku, ras, dan kondisi fisik tertentu, atau latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran;
  • Menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan, hukum, dan kode etik guru, serta nilai-nilai agama dan etika; dan
  • Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa.
Nah, itulah kiranya terkait dengan 5 kewajiban guru yang harus dipenuhi dalam menjalankan tugas keprofesionalan. Mudah-mudahan, kita semua sebagai guru bisa menjalankan kewajiban itu dengan baik, khususnya bagi guru-guru yang sudah sertifikasi. 

Artikel Terkait

#5 Kewajiban Guru Dalam Tugas Keprofesionalannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...