Pengertian Gunung

Pengertian gunung di bawah ini dikumpulkan dari berbagai sumber:
  • Gunung merupakan sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, namun ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu. Misalnya, Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung. Sebuah gunung biasanya terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik atau gerakan epeirogenik. Pegunungan merupakan kumpulan atau barisan gunung.
  • Gunung adalah suatu bentuk permukaan tanah yang letaknya jauh lebih tinggi daripada tanah-tanah di daerah sekitarnya. Gunung pada umumnya lebih besar dibandingkan dengan bukit, tetapi bukit di suatu tempat bisa jadi lebih tinggi dibandingkan dengan apa yang disebut gunung di tempat yang lain. Gunung pada umumnya memiliki lereng yang curam dan tajam atau bisa juga dikelilingi oleh puncak-puncak atau pegunungan. Pada beberapa ketinggian gunung bisa memiliki dua atau lebih iklim, jenis tumbuh- tumbuhan, dan kehidupan yang berbeda.
  • Gunung adalah permukaan bumi yang menonjol lebih tinggi (perbedaan tingginya mencolok)  dibandingkan sekelilingnya. Agar bisa diklasifikasikan gunung, permukaan bumi yang menonjol tersebut harus memiliki puncak yang tingginya lebih dari 2000 kaki (610 meter) dari permukaan laut.
  • Gunung terbentuk karena adanya gerakan tektonik (gerakan dari dalam bumi yang menyebabkan naik atau turunnya permukaan bumi). Gerakan tektonik ini dapat membentuk gunung saat terjadi gerakan naiknya permukaan bumi tersebut. Gunung terdiri atas puncak di bagian atas, lereng di bagian tengah, dan kaki gunung di bagian bawah. Lereng gunung memiliki kemiringan tertentu. Pada peta, gunung dilambangkan dengan segitiga merah jika masih aktif dan segitiga hijau jika sudah tidak aktif.
  • Gunung merupakan bukit yang sangat besar dan tinggi (biasanya tingginya lebih dari 600 m).
  • Gunung paling tinggi di Indonesia adalah Puncak Jaya yang berada di Papua.
-Api gunung yang di dalamnya terdapat lahar panas
-berapi gunung api;
-mati gunung yang sudah tidak mengeluarkan lava (asap) lagi;
-sulah gunung gundul;
-gunung-ganang/gu·nung-ga·nang/ n berbagai-bagai gunung; pegunungan;
-gunung-gemunung/gu·nung-ge·mu·nung/ n berbagai-bagai gunung; rangkaian gunung; pegunungan;
-bergunung-gunung/ber·gu·nung-gu·nung/ v terdapat banyak gunung;
-menggunung/meng·gu·nung/ v 1 (bertumpuk dan sebagainya) menyerupai gunung: di sebelah gedung itu sampah dibiarkan ~; 2 ki besar (tentang harapan): ia muncul dengan harapan yang ~ untuk menjadi juara pertama;
-gunungan/gu·nung·an/ n 1 pahatan lukisan berbentuk gunung (dalam wayang golek atau wayang kulit) untuk mengawali, membatasi antara babak, dan mengakhiri cerita (lakon): dalang belum mau mencabut ~ , sekiranya para nayaga belum siap; 2 bentuk gunung yang dibuat dari makanan dan hasil bumi pada upacara Sekaten di Yogyakarta dan Surakarta: dari keraton ~ itu dibawa ke masjid dan setelah dibacakan doa-doa dibagikan kepada para pengunjung;
-gunung-gunungan/gu·nung-gu·nung·an/ n tiruan gunung; bukit kecil, longgokan tanah;
-pegunungan/pe·gu·nung·an/ n tempat yang bergunung-gunung (terdiri atas gunung-gunung)
 Gunung adalah
Sumber:
1. Pengertianologi
2. Wikipedia
3. KBBI Web Id

Artikel Terkait

Pengertian Gunung
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...