Pengertian Remaja dan Masa Remaja Menurut Ahli

loading...
loading...
Nadi Guru - Secara etimologi, istilah remaja dibedakan menjadi dua yaitu pubertas dan adolesen. Pubertas adalah masa pada saat seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi s3ksual. Masa pubertas dimulai ketika berumur 8-10 tahun dan berakhir kurang lebih di usia 15-16 tahun. Sementara adolesen diarahkan dengan tumbuhnya kematangan atau kedew4saan yang meliputi semua aspek kepribadian, baik fisik maupun mental.
Remaja merupakan waktu manusia berumur belasan tahun. Pada masa ini, manusia tak bisa disebut sudah dew4sa tetapi tak bisa juga disebut anak-anak. Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dew4sa yang berjalan antara umur 11 tahun sampai 21 tahun.
Adapun pengertian remaja dan masa-masa remaja menurut ahli yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber adalah sebagai berikut:

1. Zakiah Darajat (1982 : 28)
Remaja adalah umur yang menjembatani antara umur anak-anak dan umur dew4sa. Pada usia ini terjadi perubahan-perubahan cepat pada jasmani, emosi, sosial, akhlak dan kecerdasan.

2. Singgih D. Gunarso (1998 : 8)
masa remaja adalah permulaannya ditandai oleh perubahan-perubahan fisik yang mendahului kematangan s3ksual. Kurang lebih bersamaan dengan perubahan fisik ini, juga akan dimulai proses perkembangan psikis remaja pada waktu mereka melepaskan diri dari ikatan orang tuanya, kemudian terlihat perubahan-perubahan kepribadian yang terwujud dalam cara hidup untuk menyesuaikan diri dalam masyarakat.

3. Sri Rumini & Siti Sundari (2004: 53)
Masa remaja adalah peralihan dari masa anak dengan masa dew4sa yang mengalami perkembangan semua aspek/ fungsi untuk memasuki masa dew4sa. Masa remaja berlangsung antara umur 12 tahun sampai dengan 21 tahun bagi wanita dan 13 tahun sampai dengan 22 tahun bagi pria.

4. Sofyan Willis (1986 : 23)
Usia remaja berkisar antara usia 13 sampai 21 tahun, dengan pembagian pubertas antara 13 sampai 15 tahun dan fase pubertas antara 16 sampai 19 tahun. Menurut Moh. Surya (1990 : 90) bahwa masa adolesen berawal dari 13 sampai 15 tahun untuk perempuan, 15 sampai 17 tahun untuk laki-laki sedangkan masa adolesen yang sebenarnya antara 15 sampai usia 18 tahun untuk perempuan, 17 sampai 19 tahun untuk laki-laki.

5. Sarwono (2002)
Remaja dikenal sebagai suatu tahap perkembangan fisik dimana alat kelamin manusia mencapai kematangannya. Masa pematangan fisik remaja wanita dimulai dengan haid pertama (menarche) yang biasanya terjadi pada usia 11-15 tahun. Sedangkan pada pria saat pertama kali mengalami mimpi basah yaitu pada usia 12-16 tahun (Monks dkk, 1999).

6. Csikzentimihalyi dan Larson (Sarwono, 2002)
Remaja adalah restrukturisasi kesadaran. Artinya masa remaja merupakan masa penyempurnaan dari perkembangan padaa tahap-taahap sebelumnya. Puncak perkembangan jiwa tersebut ditandai dengan adanya proses dari kondisi entropy ke kondisi negentropy tersebut.

7. WHO
WHO menetapkan batasan usia konkritnya adalah berkisar antara 10-20 tahun. Kemudian WHO membagi kurun usia tersebut dalam dua bagian yaitu remaja awal 10-14 tahun, dan remaja akhir 15-20 tahun.
Pengertian Remaja dan Masa Remaja Menurut Ahli
Sumber bacaan:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Remaja
2. http://belajarpsikologi.com/pengertian-remaja/
3. http://www.definisi-pengertian.com/2015/05/definisi-dan-pengertian-remaja.html
loading...

Artikel Terkait

Pengertian Remaja dan Masa Remaja Menurut Ahli
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!