Pentingnya Sebuah Indeks Integritas Seleksi PTN

loading...
loading...
Nadiguru - Selain hasil Ujian Nasional 2016, Mendikbud Anies Baswedan juga menyerahkan Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) masing-masing sekolah selama lima tahun terakhir ke Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). IIUN juga digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi para rektor dalam seleksi calon mahasiswa.
Anis menekankan perlunya perguruan tinggi memperhatikan Indeks Integritas Ujian Nasional dalam seleksi masuk PTN, karena integritas harus menjadi bagian penting dalam proses pendidikan. Adapun hasil lengkap Ujian Nasional 2016 baru akan dapat diserahkan ke Kepala Dinas Provinsi pada tanggal 3 Mei 2016. Kemudian akan diumumkan kepada peserta didik pada tanggal 7 Mei 2016.
Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Intan Ahmad mengatakan penyerahan hasil UN yang lebih cepat dari jadwal akan sangat membantu panitia SNMPTN. Semula dijadwalkan penyerahan hasil UN adalah tanggal 2 Mei. Memberi waktu yang lebih panjang bagi PTN untuk dapat memanfaatkan hasil UN tersebut dalam memilih calon mahasiswa. Sebagaimana tahun 2015, penyerahan hasil UN tahun ini dapat dilakukan oleh Puspendik lebih awal dari rencana semula.
Panitia Pusat UN, yang juga kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno menambahkan kelancaran penyerahan hasil UN juga dikarenakan kerjasama 37 PTN yang terlibat langsung membantu pemrosesan hasil ujian siswa. Selain itu juga dukungan penuh empat PTN yang membantu pelaksanaan UN berbasis komputer.
Pentingnya Sebuah Indeks Integritas Seleksi PTN

Sumber : Pikiran Rakyat 
loading...

Artikel Terkait

Pentingnya Sebuah Indeks Integritas Seleksi PTN
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!