NADI GURU BLOG

Tahukah Kamu Jika Di Negara Ini Hari Kerjanya Hanya 2 Hari Yaitu Senin dan Selasa

Posted by Dede Taufik on Friday, 29 April 2016

Nadiguru - Presiden Venezuela Nicolas Maduro pada awal pekan ini memutuskan untuk memangkas hari kerja menjadi dua hari saja, yakni Senin dan Selasa. Pasalnya, bendungan El Guri yanh menjadi sumber listrik utama Venezuela kini tengah kekurangan debit air. Sebelumnya pada awal bulan April, Maduro telah mengumumkan bahwa hari Jumat adalah hari libur untuk pegawai sektor publik.
Setelah itu, hingga akhir bulan Mei, hari Rabu dan Kamis adalah hari libur bagi pekerja sektor publik. Maduro mengatakan, beberapa pekan mendatang menjadi kondisi kritis dan ekstrim bagi Venezuela. Negara di Amerika Selatan itu tengah dilanda krisis ekonomi, gejolak politik, kekurangan pasokan pangan dan peralatan medis, serta virus Zika.
Data statistik menyebut, ada setidaknya 2,6 juta pegawai sektor publik di Venezuela, yang merepresentasikan sekitar 20 persen total tenaga kerja. Belum jelas apakah warga Venezuela akan tetap digaji untuk 5 hari kerja atau hanya 2 hari kerja. Ekonomi Venezuela anjlok, dengan inflasi hampir mendekati 500 persen. Pekan ini, pemerintah Venezuela menjadwalkan pemadaman listrik bergilir di seluruh wilayah negara tersebut.
Caracas, ibukota Venezuela, tidak dimasukkan dalam jadwal pemadaman lantaran pemerintahan federal berkantor di sana. Selain itu, rumah sakit dan obyek wisata juga tidak akan mengalami pemadaman listrik. Jutaan warga Venezuela tidak akan menikmati listrik selama 4 jam sehari hingga akhir Mei. Pada bulan Mei mendatang, Maduro juga berencana menggeser zona waktu di Venezuela menjadi 1,5 jam lebih cepat untuk memberi waktu kerja yang lebih cepat dan menghemat listrik.
Maduro menyalahkan fenomena El Nino dan kekeringan sebagai biang keladi. Akan tetapi, para pakar di luar Venezuela memandang alasan Maduro tersebut hanya satu dari sekian banyak akar masalah.
“Ini adalah masalah inkompetensi. Masalah fundamentalnya adalah kesalahan pengelolaan, korupsi, yang menjelaskan krisis di Venezuela secara keseluruhan,” jelas Michael Shifter, presiden dialog Inter-American.
Tahukah Kamu Jika Di Negara Ini Hari Kerjanya Hanya 2 Hari Yaitu Senin dan Selasa
Sumber : kompas 

Previous
« Prev Post

Related Posts

13:31:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!