Ternyata, Bahaya Deterjen Dapat Diatasi Oleh Bakteri Ini

loading...
loading...
Nadi Guru – Dikatakan oleh seorang guru besar bidang Mikrobiologi Industri dari Universitas Brawijaya yang bernama Wignyanto, bahwa di Indonesia menggunakan jenis deterjen alkilbenzena sulfonat (ABS). Selain itu, deterjen berjenis dodesil benzene sulfat (DBS) yang sifatnya susuah terdegradasi.
Ternyata, Bahaya Deterjen Dapat Diatasi Oleh Bakteri Ini
Menurutnya, Biodegradasi dan bioremediasi, merupakan solusi dalam menyelesaikan masalah tersebut. Beliau menyampaikan hal tersebut pada kesempatan pidato pengukuhannya yang berjudul “Problematika Limbah Deterjen dan Solusinya dengan Biodegradasi dan Bioremediasi”.
Pada beberapa kasus, akibat kontak langsung, deterjen dapat menyebabkan iritasi dan alergi kulit," katanya pada Selasa (19/4) di Malang dilansir Republika.co.id.
  • Biodegradasi merupakan terjadinya suatu perubahan senyawa kimia menjadi komponen yang lebih sederhana melalui bantuan mikroorganisme.
  • Bioremediasi merupakan suatu teknik memperbaiki lingkungan melalui proses memanfaatkan keberadaan organisme untuk mentransformasikan substansi organik menjadi molekul sederhana yang tidak toksik.
Dalam hal ini, bakteri yang dimanfaatkannya yaitu Kurthia zophii yang berkonsorsium dengan Pseudomonas aeruginosa, Pseudomonas stutzeri, dan juga Serratia liquifaciens.

Berdasarkan hasil pengamatannya, diketahui jika konsorsium baru itu mampu menurunkan ‘Biological Oxygen Demand’ (BOD) dan juga ‘Most Probable Number Coliform’ hingga persyaratan baku mutu air yang dibuang ke lingkungan. Selain itu, serta aman bagi organisme lainnya yang hidup di dalamnya, seperti cacing dan juga ikan.
loading...

Artikel Terkait

Ternyata, Bahaya Deterjen Dapat Diatasi Oleh Bakteri Ini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!