#75 Persen Siswa di Indonesia tidak Berprestasi, Benarkah? Simak Penjelasannya

loading...
loading...
Nadi Guru – Kami merasa kaget ketika membaca berita tentang jumlah siswa yang berprestasi di Indonesia sangat rendah. Bukan hanya kami, bahkan sahabat Nadi Guru pun pasti akan merasakan hal yang serupa. Mengapa?
#75 Persen Siswa di Indonesia tidak Berprestasi, Benarkah? Simak Penjelasannya
Karena media jpnn.com memberitakan jika 75 persen di Indonesia tak berprestasi. Itu artinya, hanya sekitar 25 persen saja siswa kita yang berprestasi. Katanya, itu menjadi kendala utama yang dihadapi dunia pendidikan kita karena adanya ketimpangan antara jumlah siswa yang berprestasi dengan yang tidak.
Anies Baswedan, selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga mengatakan bahwa kita jangan bandingkan kualitas pendidikan Indonesia dengan luar negeri. Di dalam negeri saja, ketimpangannya sangat besar. Yang tidak berprestasi jauh lebih banyak. Bahkan, Mendikbud juga membeberkan terkait dengan cara meningkatkan kualitas siswa SMK.
Dia mengatakan jika konsep pendidikan kejuruan harus mencakup lima konteks, diantaranya yaitu:
  • memenuhi kebutuhan masyarakat
  • dunia kerja‎
  • professional
  • generasi masa depan
  • pengembangan ilmu pengetahuan.
Tanpa memenuhi kelima konteks tersebut, akan terasa sulit bagi lulusan SMK untuk bersaing baik dalam negeri maupun juga luar negeri. Anies menambahkan bahwa sudah saatnya ‎Indonesia menempatkan diri bukan berhadapan hanya dengan semata-mata kebutuhan dalam negeri. Namun, juga dunia dan standar yang dibuat harus tertinggi dan tidak berhenti di satu titik saja. Mutu SMK harus terus dibandingkan dengan SMK yang lainnya dan jika perlu dengan negara luar dan cari yang terbaik. Jadi, jangan cepat merasa puas dengan hanya satu prestasi saja.
Atas berita tersebut di atas mengenai #75 Persen Siswa di Indonesia tidak Berprestasi. Kira-kira tanggapan sahabat Nadi Guru bagaimana?
loading...

Artikel Terkait

#75 Persen Siswa di Indonesia tidak Berprestasi, Benarkah? Simak Penjelasannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!