Difabel Diperlakukan Khusus Beasiswa LPDP

loading...
loading...
Nadi Guru - Difabel atau disabilitas merupakan istilah dalam hal gangguan, keterbatasan aktivitas, dan juga pembatasan partisipasi.
  • Gangguan merupakan sebuah masalah yang terjadi pada fungsi tubuh ataupun strukturnya.
  • Pembatasan kegiatan merupakan kesulitan yang dihadapi oleh seorang individu dalam melaksanakan tugas maupun tindakan.
  • Pembatasan partisipasi adalah masalah yang dialami oleh seorang individu dalm keterlibatan pada situasi kehidupan.
Jadi, disabilitas diartikan sebagai sebuah fenomena kompleks, yang mencerminkan interaksi antara ciri dari tubuh seseorang dan juga ciri dari masyarakat tempat dia tinggal (Wikipedia).
Difabel Diperlakukan Khusus Beasiswa LPDP
Berhubungan dengan beasiswa bagi yang berkebutuhan khusus, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) memberikan perhatian khusus. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Kepala Divisi Anggaran dan juga Akuntansi LPDP, Lukmanul Hakim, bahwa ada fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas atau difabel.
Fasilitas khusus itu diberikan LPDP guna memudahkan akses pada bidang pendidikan bagi para penyandang disabilitas. Menurut Lukman, sudah ada sejumlah penerima beasiswa LPDP dengan difabel yang melanjutkan pendidikannya di luar negeri.
“Bentuk fasilitas khusus seperti tunjangan keluarga, untuk difabel diperbolehkan membawa keluarga seperti ayah atau ibu,” kata Lukman, dilansir rmol.co (25/5).

Lukman menambahkan, jika pemberian fasilitas khusus tersebut tidak hanya diberikan saja, tapi dilihat terlebih dahulu kondisi pelamar tersebut untuk memutuskan fasilitas khusus apa saja yang akan diberikan kepadanya.
Satu tema dengan PK LPDP pada Angkatan 48 yaitu Indonesia Inklusi. Pemberian fasilitas khusus tersebut menandakan jika pemerintah itu memperdulikan warganya yang disabilitas. Peserta PK LPDP pada Angkatan 68, akan menutup rangkaian programnya dengan sebuah Festival Indonesia Inklusi. Di mana akan banyak melibatkan orang-orang disabilitas.
Acara tersebut direncanakan akan diselenggarakan di Wisma Hijau, Depok pada hari Sabtu (28/5). LPDP juga mengajak seluruh elemen masyarakat supaya menghadiri dan juga bias mendapatkan fasilitas layanan kesehatan gratis yang disediakan oleh panitia.
Selain itu, bagi orang tua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus (ABK) pun juga bias berkonsultasi psikologi secara gratis.
Bahkan, bagi mahasiswa yang mau tahu tips melewati proses seleksi beasiswa LPDP. Panitia juga menyediakan waktu untuk berbagi pengalaman dengan para penerima beasiswa tersebut.
loading...

Artikel Terkait

Difabel Diperlakukan Khusus Beasiswa LPDP
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!