NADI GURU BLOG

Guru Diajarkan Teknik-teknik Dalam Mengoptimalkan Otak Kanan

Posted by Dede Taufik on Monday, 2 May 2016

Nadi Guru - Mengoptimalkan kemampuan otak kanan, bisa meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar di kelas. Hal itu bisa menjadikannya menjadi kreatif dan pelajarannya mudah diingat atau dihapal oleh para siswa. Melalui otak kanan, para guru pun bisa berinovasi dalam memberikan pelajaran di kelas dan lebih termotivasi untuk meningkatkan proses kegiatan belajar mengajar.
Sebanyak 500 guru dari semua tingkatan di Kota Tasikmalaya mulai dari jenjang SD hingga SLTA, mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas dan kemampuan belajar mengajar dengan memaksimalkan kecerdasan otak kanan melalui metode Bina Cerdas Indonesia (BCI) modul 1, di Aula Hotel Mangkubumi, baru-baru ini. Guru-guru tersebut belajar bagaimana mengoptimalkan otak kanan dan menyinergikannya dengan otak kiri, mengarahkan imajinasi agar terukur dan terencana, membuka mental block sehingga mampu meningkatkan konsentrasi, dan juga kecerdasan para guru itu sendiri.
Selain itu, dalam kegiatan yang dihadiri oleh Walikota Tasikmalaya, H Budi Budiman, Kadisdik Kota Tasikmalaya, Achdiat Siswandi, dan juga Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Jeni Jayusman, para guru pun belajar senam otak atau “brain gym” dan olahraga otak dalam memaksimalkan kecerdasan otak kanan untuk meningkatkan kemampuan belajar mengajar.
Menurut Ketua Panitia yang juga Ditektur PT Bina Cerdas Indonesia, Fuad Hisyamudin bahwa  selama dua hari para guru diarahkan untuk meningkatkan kompetensinya dalam pembelajaran dengan bermuatan kanan. Para peserta juga disuguhi acara yang lain dari biasanya, seperti seminar atau workshop.
“Di sini bukan ceramah. Peserta benar-benar dilibatkan dalam setiap materi. Tidak banyak teori. Seperti belajar naik sepeda, para peserta langsung praktek. InsyaAllah akan langsung menginspirasi para peserta,” ungkapnya.
Dalam pelatihan ini, peserta dilatih tentang beberapa pokok dari materi-materi Quantum Imajinasi yang dimiliki oleh BCI. Pihaknya membantu para peserta untuk menyinergikan otak kiri dan otak kanan, mengarahkan imajinasi agar terukur dan terencana, membuka mental block hingga meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan.
“Melalui pelatihan kami, insyaAllah para peserta akan memiliki teknik dahsyat untuk melejitkan konsentrasi dan daya ingatnya melalui optimalisasi imajinasi. Peserta akan konsentrasi, mudah ingat dan susah lupa menerima informasi, meningkatkan kecerdasan, kreatif dan inovatif,” paparnya.
Selain pengatahuan, peserta juga dibekali dengan teknik-teknik untuk membuka mindset tentang imajinasi, serta mampu untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Kemampuan ini akan mudah diaplikasikan dan bisa langsung dibuktikan saat pelatihan berlangsung. Para peserta akan mampu mengasah imajinasi, melakukan brain gym, memory sport, dan akan menguasai beberapa teknik andalan BCI untuk mengingat berbagai informasi berupa kata dan kalimat. Para peserta dilatih langsung bagaimana membuat folder kosong dalam otak hingga terisi yang pada akhirnya akan diaplikasikan dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.
Salah seorang peserta, Siti Marlina Sukmawati, S.Pd mengatakan jika teknik belajar yang dilatih dalam training ini luar biasa. Ia mengaku mendapatkan ide dalam praktek belajar mengajar setelah menerapkan materi dalam pelatihan ini.
“Kami sangat mengharapkan ada pelatihan tahap kedua untuk menggali semua teknik yang ada di BCI Modul 2 serta merefleksi Modul 1 yang sudah dilaksanakan kemarin. Kami sangat mengharapkan dinas pendidikan Kota Tasikmalaya dapat memfasilitasi kegiatan seperti ini lagi,” kata Siti.
Sementara itu, Ari Rizalulfikri yang mengajar di SMAN 4 Kota Tasikmalaya, mengatakan  bahwa manfaat dari pelatihan ini bisa langsung dipraktekan dalam pembelajaran. Ia mengaku bisa tahu teknik menghafal yang efisien supaya materi mudah dihafal oleh anak didik dan mudah terserap.
Guru Diajarkan Teknik-teknik Dalam Mengoptimalkan Otak Kanan
Sumber:
Kabar Priangan 

Previous
« Prev Post

Related Posts

09:36:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!