Inilah Sebuah Fenomena Langka Dari Gerhana Merkurius

Nadi Guru-Sains – Dikabarkan jika hari ini (Senin 9 Mei 2016), sebuah fenomena langka akan terjadi di depan "wajah" Matahari. Planet Merkurius itu akan melintas diantara Sang Surya dan juga Bumi. Dengan waktu perkiraannya adalah selama tujuh jam. Selama itu juga, Merkurius akan terlihat seperti menutupi sang Matahari.
Inilah Fenomena Langka Gerhana Merkurius
Peristiwa ini bakal dijadikan sebagai momentum oleh para astronom dan juga ilmuwan untuk lebih mendalami tentang Matahari. Dikutip The Independent, Senin 9 Mei 2016, peristiwa itu tergolong langka pasalnya diperkirakan hanya terjadi 12 ataupun 13 kali dalam satu abad.
Menyambut fenomena langka itu, NASA atau Badan Antariksa AS dan juga ESA atau Badan Antariksa Eropa, dijadwalkan akan menyiarkan secara “live stre@ming” proses transitnya Merkurius itu pada website mereka.
“Para astronom sangat tertarik saat ada dua hal yang muncu berdekatan satu sama lain,” kata Manajer program Goddard Space Flight Center NASA di Greenbelt, Maryland, Amerika Serikat, dilasir Viva.co.id (9/5/2016).
Sayangnya, fenomena Merkurius tersebut itu tidak bisa disaksikan di seluruh  belahan dunia. Dikutip dari laman website Royal Astronomical Society, wilayah yang dapat melihat fenomena tersebut secara penuh yaitu di Inggris. Selain itu, dilansir dari jadiberita.com, Fenomena ini akan terlihat jelas di wilayah Amerika dan juga Eropa Barat, beberapa wilayah di Afrika, serta sebagian juga di wilayah Asia.
Masyarakat Indonesia sendiri sebenarnya bisa melihat titik kecil berwarna hitam melewati Matahari pada pukul 11:12 s.d. 18:42 WIB. Sayangnya, fenomena langka ini hampir tak bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia. Hanya saja, di sekitar daerah Sumatera Utara dan juga Aceh.

Artikel Terkait

Inilah Sebuah Fenomena Langka Dari Gerhana Merkurius
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...