Insfiratif: Pendidikan Wirausaha Diadakan di SMA Bandung Ini

Nadi Guru - Wirausaha diartikan oleh Arif F. Hadipranata, adalah sebagai sosok yang mengambil resiko yang dibutuhkan untuk mengelola dan mengatur segala urusan, serta menerima sejumlah keuntungan finansial maupun non finansial. Sementara Thomas W Zimmerer, mengartikan kewirausahaan sebagai bentuk penerapan keinovasian dan kreativitas untuk pemecahan masalah, serta memanfaatkan berbagai peluang yang dihadapi orang lain setiap hari.
Insfiratif: Pendidikan Wirausaha Diadakan di SMA Bandung Ini
Pendidikan kewirausahan sejatinya harus diberikan sejak dini. Hal itu guna untuk mengembangkan jiwa wirausahanya dari setiap individu. Berhubungan dengan pendidikan wirausaha, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA N) 1 Baleendah, memberikan mata pelajaran khusus tentang wirausaha bagi siswanya. Sedangkan pada setiap tahunnya,  SMA itu mengadakan sebuah pameran dan juga bazar hasil wirausaha siswa.
Kepala SMAN 1 Baleendah, Aa Sudaya, mengatakan bahwa pada umumnya pelajaran tentang wirausaha paling banyak diberikan terhadap siswa SMK. Akan tetapi, SMAN 1 Baleendah, Kab. Bandung, itu juga tidak mau kalah dengan mengadakan mata pelajaran tentang wirausaha.
“Biasanya sekolah ada yang memberikan pelajaran wirausaha dan sebagian ekstrakurikuler wirausaha. Sepertinya baru di SMAN 1 Baleendah yang memberikan pelajaran wirausaha di Kab. Bandung bahkan bisa jadi di Jawa Barat,” kata Aa dilansir pikiran-rakyat.com (23/5).
Aa juga menambahkan, jika masih sedikitnya jumlah wirausaha di Indonesia yaitu sekitar 1,06 persen dari jumlah penduduk. Dengan begitu, pelajaran wirausaha bukan hanya sekedar teori saja tapi juga dilakukan praktik. Nadi Guru berharap, jika dengan adanya pendidikan wirausaha ini bisa meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat di masa sekarang dan juga masa mendatang. 

Artikel Terkait

Insfiratif: Pendidikan Wirausaha Diadakan di SMA Bandung Ini
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...