Inspiratif: Berkat Guru, Ilmu dan Budi Pekerti Akan Menjadi Bekal Terhebat di Masa Mendatang

Inspiratif: Berkat Guru, Ilmu dan Budi Pekerti Akan Menjadi Bekal Terhebat di Masa Mendatang
Nadi Guru - Tak bisa disangkal lagi, jika guru itu adalah sosok yang penting dalam proses pendidikan. Guru, tak bisa digantikan oleh teknologi yang super canggih sekalipun. Pasalnya, berkat guru ilmu dan budi pekerti akan tertanam kuat pada diri individu masing-masing. 
Sejatinya, ilmu dan budi pekerti tak bisa dipisahkan di era persaingan ini. Keduanya harus bisa dimiliki agar mampu bersaing dengan manusia yang lainnya. Guru, sesungguhnya pantas untuk dimuliakan. Bukan malah dihujat, apalagi dicari-cari kesalahannya. 
Kami tertarik dengan apa yang dituilskan oleh Pak Budi Susanto, seperti tampak pada keterangan gambar di atas. Di mana beliau mengatakan: 
"Aku bisa begini karena guru. Guru meskipun pernah memuku1ku menjewer telingaku, bagiku sakit karena itu tiada berarti dibandingkan ilmu dan budi pekerti yang kau didikkan padaku." tulis Budi Susanto.
Kalimat di atas memanglah sangat sederhana, namun memiliki makna yang begitu dalam. Cermatilah, di usianya yang tak muda lagi. Beliau pun menghormati jasa dari guru-gurunya yang telah Ia rasakan dalam hidupnya. 
Apalah artinya segudang ilmu dan pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang. Tanpa adanya kepemilikan budi pekerti dalam dirinya. Pasalnya, ilmu tanpa budi pekerti, bisa mencelakakan dirinya sendiri. Di mana, orang lain tak akan ada yang mau menghormatinya. 
Bagaimana tidak, jika budi pekertinya itu sangat menjengkelkan dan juga banyak yang menyimpang dari aturan hukum dan agama. Maka, bisa dipastikan jika oranglain akan menjauhinya. 
Percayalah, bahwa guru menasehati atau memarahi itu bukan karena benci. Namun, karena gurumu itu sayang pada seluruh siswanya. 

Artikel Terkait

Inspiratif: Berkat Guru, Ilmu dan Budi Pekerti Akan Menjadi Bekal Terhebat di Masa Mendatang
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...