Kembalikanlah Hak Guru Untuk 'Mendidik' Agar Akhlak Siswa Tak Semakin Parah

loading...
loading...
Kembalikanlah Hak Guru Untuk Mendidik Akhlak Agar Akhlak Siswa Tak Semakin Parah
NadiGuru - Sungguh menyedihkan dan sangat ngeri, ketika kami membaca dan memerhatikan sebuah kiriman dari Ibu Faizah Kurniawati melalui akun facebook. Mengapa tidak? Satu gambar (foto) terlihat seorang guru sedang menerangkan di depan para muridnya. Sementara siswanya ada yang tidur-tiduran di atas kursi dan juga lantai. Selain itu, gambar satunya lagi terlihat sosok tiga perempuan yang mengenakan seragam sekolah yang tengah merok0k.
Apa yang sebenarnya terjadi dengan sistem pendidikan kita? Apakah kini guru sudah tak dihargai lagi? Jawabannya, kami sendiri tak tau dengan pasti.
Yang pastinya, kini seorang guru sedang menjadi sorotan publik. Bukan karena prestasinya, namun karena hal-hal dianggap telah melanggar HAM. Sehingga, para guru pun mungkin merasa takut untuk menegur siswanya. Padahal, peran guru itu bukan hanya mengajar yang ajarannya mungkin saja bagi sebagian orang, masuk di kuping kiri dan keluar di kuping kanan.
Pengethuan bisa dicari oleh siapapun dengan mudah melalui jaringan internet yang semakin luas. Namun, pendidikan itu hanya bisa dilakukan melalui interaksi. Pendidikan, itu jelas tujuannya untuk mendidik. Bukan hanya sebatas berhubungan dengan pengajaran.
Tapi apa jadinya, jika dalam melaksanakan proses pendidikan, guru itu seringkali dibenturkan dengan HAM. Memang, setiap orang memiliki haknya masing masing. Tapi, apakah guru juga tidak memiliki hak? Guru pun punya hak. Guru juga punya hak untuk dihormati, dihargai, bukan hanya dalam bentuk sertifikasi saja. Tapi, agar jasa-jasanya berbekas.
Saat ini, mereka (siswa) sudah berani melakukan perilaku seperti yang ada pada gambar di atas. Bagaimana nanti untuk beberapa tahun ke depan? Bagaimana nanti, akhlak dari bangsa ini? Bisa jadi, jika guru tidak dikembalikan lagi haknya untuk mendidik. Negeri ini akan hancur, dan mungkin kita kembali akan terjajah untuk beberapa kalinya. Karena Negeri lain akan mudah untuk menghancurkannya, jika bangsanya telah hancur.

Inti dari postingan ini adalah ‘Kembalikanlah hak guru untuk mendidik agar akhlak siswa tak semakin parah!’
loading...

Artikel Terkait

Kembalikanlah Hak Guru Untuk 'Mendidik' Agar Akhlak Siswa Tak Semakin Parah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

3 komentar

20 May 2016 at 08:55 delete

Bubarkan dulu KPAI karena tindakannya terlalu berlebihan, kadang masalahnya sdh diselesaikan oleh interen sekolah masih diangkat oleh KPAI,akhirnya siswa semakin melunjak bahkan berani melawan guru.

Reply
avatar
Nds
20 May 2016 at 12:40 delete

KPAI gak salah... Yg salah KPAI tdk memilah milih kasusnya.

Reply
avatar
21 May 2016 at 14:13 delete

Setuju, saya sendiri sebagai guru merasakan ruang gerak untuk mendidik sangat terbatas ... beberapa kali wali murid begitu mudahnya hadir ke sekolah untuk memprotes, yg terakhir saya alami wali murid memprotes krn anaknya kena DB katanya d sebabkan gara2 anaknya waktu pembelajaran penjasorkes di ajak jalan2 ke ranu ... bukankah nyamuk DB itu berkembangnya di air yg bersih ... sementara daerah ranu airnya banyak kurang bersih dan banyak ikannya ... kalau ada jentik nyamuk apakah tidak akan di makan ikan ????

Reply
avatar

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!