NADI GURU BLOG

Mari Cermati Dengan Seksama Terkait Dengan Fenomena Negeri Pemuja Ijazah!

Posted by Dede Taufik on Sunday, 15 May 2016

Mari Cermati Dengan Seksama Terkait Dengan Fenomena Negeri Pemuja Ijazah!
Nadi Guru - Ijazah merupakan salah satu surat penting sebagai tanda bahwa seseorang telah menamatkan belajarnya. Seyogyanya, ijazah itu diperoleh dengan suatu perjuangan yang panjang yakni melalui pembelajaran. Bahkan, sebagian besar mungkin meyakini jika memiliki ijazah tinggi akan berefek juga pada suatu penghasilan yang tinggi. 
Namun ironisnya, jika kita membaca suatu percakapan yang dikutip dari laman Kompasiana yang dipublikasikan oleh Anna Melody. Di bawah ini adalah percakapannya yang telah diambil dalam bentuk gambar.
Percakapan Mari Cermati Dengan Seksama Terkait Dengan Fenomena Negeri Pemuja Ijazah!
Masih dari laman Kompasiana, disebutkan bahwa percakapan diatas tersebut dianggap telah mencerminkan pemahaman dari seorang Ibu yang tinggal di desa. Disebutkannya, bahwa mungkin saja hal itu mewakili apa yang dipahami oleh masyarakat kita saat ini (khususnya, ekonomi lemah):
  1. Kerja lebih penting dari sekolah (bukan hanya karena faktor ekonomi, namun juga karena faktor tak jelas manfaatnya?)
  2. Ijasah itu lebih penting daripada proses belajarnya
  3. Budaya suap merajalela pada dunia pendidikan kita
  4. Apakah sangking kurang berkualitasnya SMP-SMU reguler di negeri kita ini, sampai seorang ibu di desa menganggap bahwa jenjang itu bisa diskip alias dilewatkan dan dapat langsung ke kuliah?

Menurtnya, benarkah seperti tersebut cermin dari pendidikan di Indonesia? Yang penting adalah ijasah dan ijasah. Nanti ketika kuliah pun bisa jadi beli ijasah juga, lha... terus isi otaknya darimana?

Itulah kira-kira yang bisa kami sampaikan terkait dengan fenomena Negeri Pemuja Ijazah. Mudah-mudahan hal itu tidak berlaku bagi kebanyakan orang. Ijazah memang penting, namun yang terpenting adalah bukan ijazahnya tapi proses pembelajarannya. Proses pembelajaran itu akan memperoleh ilmu dan pengetahuan. 
Dan dengan pengetahuan itu, orang bisa hidup lebih baik untuk masa kini dan masa depan.  

Previous
« Prev Post

Related Posts

18:26:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!