Menguatkan Karakter Melalui Penglihatan dan Pendengaran

loading...
loading...
Nadi Guru – Menurut H. Akhmad Juhana selaku Ketua PGRI Kabupaten Tasikmalaya, bahwa salah satu yang paling kuat dalam memengaruhi anak adalah penglihatan dan pendengaran. Agar bisa membentuk karakter anak yang berkualitas, anak harus diperdengarkan dengan sesuatu hal yang baik dan juga berkualitas.
Dengan begitu,  sekolah harus membiasakan untuk memperdengarkan hal-hal positif yang berkaitan dengan pembentukan karakter dalam waktu 30 menit sebelum jam pelajaran dimulai. Sekolah juga harus memiliki fasilitas alat pemutar dan sepeker yang bisa memperdengarkan bacaan Al-quran atau murotal, bacaan asmaul husna, dan lainnya kepada anak-anak sebelum dimulai pembelajaran.
“Memang yang paling kuat mempengaruhi jiwa anak itu pendengaran dan penglihatan, makanya sekolah harus mau memperdengarkan hal positif kepada anak-anak,” kata Akhmad.
Akhmad pun menyarankan supaya setiap hari yang diputar dan juga diperdengarkan kepada anak-anak itu berbeda-beda. Hal ini supaya jiwa anak bisa terbentuk dengan karakter yang baik. Misalnya saja untuk hari Senin, anak diperdengarkan bacaan ayat-ayat Al-Quran atau murotal. Hari Selasa, sekolah memutar bacaan asmaul husna. Hari Rabu, mendengarkan lagu-lagu nasional. Hari Kamis sekolah memutar lagu daerah atau lagu-lagu Sunda misalnya pupuh. Hari Jumat, kembali lagi ke murotal dan atau pembiasaan melakukan shalat duha secara bersama di sekolah. Sementara hari Sabtu diisi dengan latihan bacaan dan gerakan shalat.
Menuruntnya, sebagai bentuk pengharapan jika semua sekolah di tingkat dasar bisa menerapkannya. Hal ini untuk membentuk karakter anak itu sendiri. 
Sumber:
Kabar Priangan 
loading...

Artikel Terkait

Menguatkan Karakter Melalui Penglihatan dan Pendengaran
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!