Momentum Hari Kebangkitan Nasional Untuk Bangkit dari Berbagai Keterpurukan

loading...
loading...
Momentum Hari Kebangkitan Nasional Untuk Bangkit dari Berbagai Keterpurukan
Nadi Guru - Hari ini (20 Mei 2016), merupakan hari penting bagi bangsa dan Negara Indonesia. Hari yang telah ditetapkan sebagai Harkitnas (Hari Kebangkitan Nasional). Dengan begitu, hari ini harus dijadikan sebagai momentum untuk bisa bangkit dari berbagai keterpurukan. 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui akun twitternya @jokowi turut menyampaikan cuitannya dengan hastag  #HariKebangkitanNasional.
"Sebagai bangsa besar, kita harus bangkit meraih kemajuan, berdiri sejajar dgn bangsa2 lain di dunia. Selamat #HariKebangkitanNasional -Jkw" tulis akun @jokowi 
Jika kita menengok pada sejarah, Kebangkitan Nasional merupakan suatu masa di mana telah bangkitnya rasa dan juga Semangat Persatuan, Kesatuan, dan Nasionalisme, serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Di mana sebelumnya hal itu tak pernah muncul selama masa penjajahan Belanda dan juga Jepang. 
Masa-masa ini, ditandai dengan adanya dua peristiwa penting yaitu berdirinya organisasi Boedi Oetomo (20 Mei 1908) dan juga ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928). 
Masa ini adalah sebagai salah satu dampak politik etis yang mulai diperjuangkan sejak masanya Multatuli. Adapun Tokoh-tokoh yang mempolopori terhadap Kebangkitan Nasional adalah sebagai berikut:
  • Sutomo
  • Ir. Soekarno
  • Dr. Tjipto Mangunkusumo
  • Raden Mas Soewardi Soerjaningrat (EYD: Suwardi Suryaningrat, sejak 1922 menjadi Ki Hajar Dewantara)
  • dr. Douwes Dekker, dan Lain-Lain

Mari kita jadikan Harkitnas ini untuk bangkit dari berbagai keterpurukan!
loading...

Artikel Terkait

Momentum Hari Kebangkitan Nasional Untuk Bangkit dari Berbagai Keterpurukan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!