NADI GURU BLOG

Pada Periode Januari Hingga Juni 2016, Ratusan Ribu Guru Akan Kehilangan Tunjangan Profesinya dan Inilah Faktor Penyebabnya!

Posted by Dede Taufik on Friday, 20 May 2016

Pada Periode Januari Hingga Juni 2016, Ratusan Ribu Guru Akan Kehilangan Tunjangan Profesinya dan Inilah Faktor Penyebabnya!
Nadi Guru - Bagi para guru yang kebetulan Dapodik atau Data Pokok Pendidikan belum juga diperbaharui harus berwaspada diri. Alasannya, karena guru-guru itu bisa terkena ancaman bakal kehilangan haknya untuk mendapatkan tunjangan profesi guru (TPG) pada periode Januari-Juni 2016. Total dari jumlah guru yang terancam kehilangan TPG adalah hingga mencapai 109.424 orang.
Menurut Tagor Alamsyah Harahap, Selaku Kepala Bagian Program dan Penganggaran Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud, bahwa terdapat banyak guru yang surat keputusan pencairan tunjangan (SKPT) tidak dapat terbit. 
Hal itu disebabkan karena guru itu belum juga memperbarui data pada laman dapodik. 
"Warning kami adalah pengisian dapodik paling lambat Mei 2016," ujarnya di Jakarta kemarin seperti dilansir Fajar.co.id (20/5)
Menurutnya, hingga saat ini masih belum ada keterangan. Apakah akan ada perpanjangan waktu atau tidak untuk memperbaharui Dapodik tersebut. Dengan begitu, Tagor mengharapkan jika para guru yang belum memperbaruinya untuk segera melakukannya. Kebanyakan guru yang belum mengupdate datanya adalah guru di pendidikan menengah. Pasalnya, baru tahun ini guru-guru di dikmen mulainterintegrasi dengan dapodik tersebut.
Tagor berharap kepada guru untuk bekerja sama dengan petugas operator dapodik  pada setiap sekolah nya. Guru jangan menunggu untuk didekati operator. Melainkan, guru itu harus proaktif untuk mendekati para operatornya.
Indra Charismiadji, selaku Pengamat pendidikan dari Kawal Pendidikan  mangatakan bahwa hubungan antara guru dengan petugas operator Dapodik di sekolah seringkali renggang. Mungkin yang yang menjadi pemicunya yaitu guru tersebut merasa dirinya lebih baik jika dibandingkan dengan petugas operator. Sedangkan petugas operator, memandang jika tunjangan profesi merupakan urusan guru.  Dalam hal ini yang menjadi intinya yaitu berkaitan dengan kecemburuan sosial.

Previous
« Prev Post

Related Posts

21:46:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!