Pantaskah Jika Pembunuhan dan Perceraian Menjadi Bahan Soal Ulangan di Kelas 2 SD?

Nadi Guru – Saat ini, pembunuhan dan perceraian menjadi sebuah fenomena yang sedang marak terjadi. Namun, apa jadinya jika fenomena pembunuhan dan perceraian tersebut dijadikan sebagai bahan pembuatan soal dalam Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) pada jenjang Sekolah Dasar (SD)? Apalagi disuguhkannya untuk siswa kelas 2 SD.
Pembunuhan dan Perceraian Menjadi Bahan Soal Ulangan di Kelas 2 SD?
Jika kita perhatikan, soal UKK itu diperuntukkan untuk sekolah yang ada di Kecamatan Pasar Rebo. Hal ini ditambah pula dengan informasi yang dilansir merdeka.com (23/5), jika Kepala SD baru 02 Pagi Pasar Rebo, Ridoyo, mengaku guru yang memberikan soal itu telah dikenakan sanksi.
Seperti yang dikabarkan jika akun Facebook Agung Suharto D. mengeluhkan kualitas pendidikan dengan menuliskan :
“Hati-Hati dan Awasi anak-anak anda dengan semua ilmu yang diberikan saat mereka bersekolah di Sekolah Dasar Negeri (SDN). Ini salah satu yang membuat saya marah dan kecewa dengan Kementerian Pendidikan dan dewan pengawas pendidikan Indonesia karena masih belum becus membuat soal ulangan Kelas II SD. Padahal yang membuat soalnya ini saya yakin lulusan universitas semuanya. Bisa bayangkan anak kita yang di SD kelas II diberikan Soal ulangan yang seperti foto yang saya perlihatkan.... di mana mereka harus belajar mengenai “PEMBUNUHAN” dan juga “PERCERAIAN”...

Pembunuhan dan Perceraian Menjadi Bahan Soal Ulangan di Kelas 2 SD
Peristiwa ini, merupakan teguran bagi kita sebagai guru, khususnya bagi yang menjadi pembuat soal. Dalam hal ini, haruslah berhati-hati untuk membuat soal. Jangan hanya ingin cepat selesai, namun dikaji dengan matang. Dan tentunya, harus sesuai dengan aturan dalam pembuatan soal itu sendiri.

Nah, kira-kira bagaimana tanggapan Sahabat Nadi Guru terkait dengan Pembunuhan dan Perceraian yang menjadi Bahan Soal untuk UKK di SD tersebut? 

Artikel Terkait

Pantaskah Jika Pembunuhan dan Perceraian Menjadi Bahan Soal Ulangan di Kelas 2 SD?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...