NADI GURU BLOG

Duduk Sopan Edisi Terbaru? Ngeri Banget

Posted by Dede Taufik on Friday, 3 June 2016

Nadi Guru – Sungguh sangat kaget ketika kami membaca sebuah tulisan dari Bapak Riko Putra Al Hanafi, yang memberikan keterangan terhadap gambar yang diunggah di media sosial Facebook (FB). Yang kemudian tulisan itu dishare ke group Guru Teladan Indonesia (GTI). Dan fantastis, postingannya mencapai 1,5 ribu penyuka dan juga sekitar 8982 kali dibagikan.
Kira-kira tulisan seperti apa yang mengagetkan itu? Sebagaimana kami kutip dari laman FBnya, tulisannya adalah sebagai berikut:
Duduk sopan edisi terbaruJangan ditegur, dicubit atau di marahi. Penjara siap menanti andaJadi biarkan saja untuk keamanan kita kaum guru

Duduk Sopan Edisi Terbaru? Ngeri Banget

Mungkin saja, ketakutannya itu terkait dengan adanya seorang guru yang dipenjara hanya gara-gara mencubit siswanya (Informasinya bisa dibaca DISINI).

Secara pribadi, saya sangat tak setuju dengan tulisan tersebut. Bagaimanapun, kita sebagai guru itu bukan hanya mengajar yang tugasnya Cuma mentransfer ilmu pengetahuan saja. Namun juga, kita sebagai guru harus mendidknya karakternya untuk bisa menjadi ahlak yang baik.

Atas informasi tersebut, kami pun tertarik untuk mencari referensi terkait dengan duduk yang baik, yaitu duduk yang sopan dan santun. Sampai akhirnya menemukan sebuah artikel yang membahas terkait dengan bagaimana cara duduk yang baik, yaitu pada laman Tempat Catatan.

Ternyata, sikap duduk seseorang itu memengaruhi terhadap penilaian dari orang lain. Selain itu juga memberikan pengaruh yang besar pada kesehatan diri sendiri.

Lalu, bagaimana cara duduk yang baik tersebut? Duduklah dengan tegak dan juga tidak merosot di kursi, dalam posisi miring ataupun segaris dengan kedua kaki merapat. Jika sedang memakai rok mini atau juga dengan belahan di tengah ataupun di samping, cara ini menutupi kaki Anda.

Selanjutnya, jika Anda sedang menerima tamu,  coba persilakan tamu itu untuk duduk di sebelah kanan Anda. Dalam hal ini tentunya memiliki arti yang mendalam, yaitu anda hormat terhadap tamu tersebut. Selain itu, duduklah yang sejajar dengan tamu. Karena hal ini menunjukan bahwa Anda tak menganggap rendah pada tamu tersebut. Untuk yang lainnya bisa dilihat di bawah ini!
  • Duduk mengangkat atau menumpang kaki tidak dilarang. Tapi, jangan sampai kaki atau alas sepatunya terlihat. Dia akan terkesan tidak sopan.
  • Berdirilah bila berjabat tangan dan bila ada seorang wanita yang masuk ke ruangan kerja atau berjalan menghampiri.
  • Duduklah dengan sikap tegak, rentang paha tidak melebihi lebar pinggul.


Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa postingan tersebut banyak yang mengomentari. Sebagian komentarnya bisa sahabat Nadi Guru lihat pada gambar di bawah ini!
Duduk Sopan Edisi Terbaru? Ngeri Banget 1

Duduk Sopan Edisi Terbaru? Ngeri Banget 2

Previous
« Prev Post

Related Posts

10:25:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!