Guru honorer : Berkah Ramadhan, Gaji Pendidik TK Minimal UMK

Nadi Guru – Bulan Ramadhan memang penuh berkah. Keberkahan itu diperoleh oleh orang-orang yang menjalaninya, bahkan keberkahannya juga tak luput didapat oleh yang tak berpuasa. Salah satu contoh keberkahan di bulan Ramadhan adalah yang terjadi pada guru honorer Taman Kanak-kanak (TK) di Magelang.

Di mana, Para guru honorer di TK Pertiwi Kota Magelang, mendapatkan bingkisan Lebaran yaitu berupa sembako dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Magelang.  Bingkisan tersebut secara simbolis diberikan Wawali Windarti Agustina  di Gedung Wanita.

Menurut Ketua DWP Kota Magelang Demetrya Tety Sugiharto, selain guru honorer, bingkisan itu juga diberikan bagi para penjaga sekolah dan juga PNS golongan I. Bingkisan itu adalah dari infak  anggota dan juga pengurus DWP.

“Kami juga akan memberikan bingkisan Lebaran yang sama kepada 19 warga lansia di tiga kecamatan,” katanya yang dilansir Radar Jogja.

Demetrya merinci setidaknya terdapat 50 bingkisan yang diberikan. Para penerima itu berasal dari sembilan TK Pertiwi yang merupakan binaan dari DPW Kota Magelang.

“Selain itu, kita menyantuni 12 anak yatim yang sekolah di TK Pertiwi,” ungkapnya.

Dirinya mengakui jika peranan guru honorer, khususnya tenaga pendidik TK Pertiwi sangat membantu dalam tumbuhnya pendidikan di Kota Magelang. Dengan begitu, mereka patut untuk diapresiasi dan mendapatkan perhatian dari pemerintah terkait dengan kesejahteraannya.

Wawali Windarti Agustina menerangkan jika pemerintah kota sedang mengkaji terkait dengan soal gaji untuk guru honorer. Selama ini, para guru honorer tersebut mendapat gaji di bawah upah minimum regional (UMR).

Upaya itu dilakukan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan serta motivasi dalam memberikan ide dan pemikiran pendidikan di Kota Magelang.

“Minimal sesuai UMK. Semoga saja tahun 2017 sudah bisa terealisasi,” tuturnya.
Salah satu guru honorer TK Pertiwi Irmawati Pristian,mengaku jika dirinya merasa senang apabila gaji mereka nantinya bisa dinaikkan. Apalagi, jika selama ini gaji yang diterimanya tersebut masih jauh di bawah upah minimal kota/kabupaten (UMK).

“Tentu kami sangat senang ada perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan guru honorer. Gaji yang kami terima tidak cukup untuk me-menuhi kebutuhan sehari-hari,” ujar sarjana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini.


Mudah-mudahan saja, pemberian gaji guru honorer yang sesua dengan UMK itu bisa terealisasi. Dan juga hal ini tentunya bisa diikuti oleh pemerintah di daerah lainnya. Bahwa guru honorer itu sesungguhnya memiliki peranan yang sangat besar dan penting dalam kemajuan pendidikan, baik di jenjang TK, SD, maupun di SMA.
Guru honorer : Berkah Ramadhan, Gaji Pendidik TK Minimal UMK

Artikel Terkait

Guru honorer : Berkah Ramadhan, Gaji Pendidik TK Minimal UMK
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...