NADI GURU BLOG

#4 Kompetensi yang Harus Dimiliki Guru

Posted by Dede Taufik on Tuesday, 12 July 2016

Guru Harus Miliki 4 Komptensi --- Guru adalah sebuah profesi yang berhubungan dengan pendidikan bagi para generasi penerus bangsa. Hal itu tentunya menjadikan guru untuk memiliki banyak pengetahuan, keterampilan, dan juga wawasan yang luas.
Sebagai pengajar, guru itu harus menguasai materi pembelajaran yang  berdasarkan padakurikulum. Sementara guru sebagai seorang pendidik, bertugas untuk membentuk karakter dan juga kepribadian siswa.
Disamping itu, guru merupakan panutan bagi anak didiknya. Sehingga, harus bisa menjadi suri tauladan yang baik. Bagi Kepala SD Muhammadiyah 03 Pekajangan, Drs Suhandi, seorang guru itu harus memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional.

“Ada 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Keempat kompetensi itu holistik dan integratif dalam kinerja guru,” kata Suhandi.

Menurut Suhandi, Seorang guru harus bisa mengenal peserta didiknya secara mendalam, menguasai terhadap bidang studi pada disiplin ilmu tertentu maupun juga bahan ajar. Bukan hanya itu saja, seorang guru pun harus bisa melakukan perencanaan dan juga pelaksanaan pembelajaran.
Kemudian melakukan evaluasi terkait dengan proses dan juga hasil belajar, serta tindak lanjut untuk perbaikan dan pengayaan.


“Seorang guru juga harus bisa mengembangkan kepribadian dan profesionalitasnya secara berkelanjutan. Itulah syarat utama yang harus dimiliki seorang guru,” tandasnya. (Radarpekalongan.com)
4 Kompetensi yang Harus Dimiliki Guru

Previous
« Prev Post

Related Posts

14:17:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!