Cara Mendidik yang Baik dan Benar (?)

loading...
loading...
Nadi Guru – Cara Mendidik yang Baik dan Benar — Mendidik tak semudah dengan mengajar. Seringkali yang dipelajari itu adalah cara mengajar dan bukan cara mendidik (?). Bagaimana cara menyampaikan materi agar anak cepat paham, cara mengolah bahan materi yang panjang menjadi singkat agar mudah dihafal, cara berpenampilan yang menarik di depan anak, dan juga yang lainnya.
Namun, pernahkah kita diajarkan cara-cara mendidik yang benar hingga kita mampu menularkan didikan tersebut? Entahlah,,, jawabannya ada di pribadinya masing-masing.
Dulu, ketika kita masih kecil, mungkin dididik oleh orangtua maupun juga guru itu dengan metode ‘agak keras’ bahkan keras. Mungkin, setiap orang yang mengalami masa kanak-kanak dari sebelum tahun 2000an, setidaknya pernah mengalami atau mendapatkan hukuman. Misalnya, kuping dijewer, dicubit, berdiri di depan kelas, atau bahkan kita disuruh berlari mengelilingi lapangan sepak bola. Bahkan, bisa jadi ada yang pernah mendapatkan kado berupa tamparan dari guru karena kita ‘nakal’.

Lalu, adakah guru pada masa itu yang dipidanakan oleh murid dan orangtuanya?

Adakah murid yang berani membully terhadap gurunya sendiri?

Adakah murid yang ketika ngobrol dengan guru dengan menggunakan bahasa kasar?

Saat ini, ketiga pertanyaan di atas begitu sangat Nampak. Guru dipidanakan? Iya. Guru dibully? Iya. Murid ngobrol dengan bahasa kasar? Iya.

Pertanyaanya, Bagaimanakah cara mendidik yang baik dan benar untuk masa sekarang ini? Suatu masa yang penuh dengan racun-racun yang dengan mudahnya merusak moral atau akhlak generasi bangsa. Bahkan, mungkin saja bukan hanya meracuni anak-anak. Namun juga telah banyak meracuni orang dewasa dan juga orangtua.

Racun apa yang dimaksud?

Racun yang disebabkan karena begitu cepatnya perkembangan teknologi, namun yang diambilnya adalah yang negatifnya. Begitu mudah budaya luar merasuk dalam roh budaya kita sendiri. Pakaian-pakaian yang belum jadi (baju dan rok mini perempuan), sudah banyak digunakan oleh para remaja wanita. Rambut warna warni dengan model rambut yang ‘gaul’ (remaja laki) kini bertebaran di jalanan, sambil membawa motor kebut-kebutan.

Bagaimanakan cara mendidik yang baik dan benar di era sekarang ini?

Semoga, kelak akan tiba masanya, di mana satu sama lainnya saling menghargai dan menghormati. Murid yang hormat pada gurunya, guru yang sayang pada muridnya, dan orangtua yang mendukung terhadap proses pendidikan guru serta bekerja sama dengan guru.
Semoga saja, cara mendidik yang baik dan benar untuk diterapkan di masa sekarang ini bisa segera ditemukan. Bukan hanya teori semata yang digaung-gaungkan dan dicap sebagai teori yang pasti berhasil. Atau juga, bukan hanya bisa mengecap bahwa itu salah tanpa memberikan solusi yang benar-benar sebagai solusi.

*Maaf jika ada yang salah! Mohon dikoreksi.
Cara Mendidik yang Baik dan Benar (?)
loading...

Artikel Terkait

Cara Mendidik yang Baik dan Benar (?)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!