Dampak Moratorium PNS Terhadap Kebutuhan Guru di Daerah

loading...
loading...
Moratorium PNS --- Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, kekurangan tenaga guru sebanyak 973 orang.

‘’Kekurangan itu terjadi untuk sekolah tingkatSD dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tersebar di 17 kecamatan,’’ kata Rimbun, Ketua Komisi III DPRD Kotawaringin Timur.

Rimbun mengatakan bahwa penyebab kurangnya guru di Kotawaringin Timur, karena sekolah terus ber-tambah sementara guru tidak ada penambahan. Pemicu lainnya karena banyak guru di daerah tersebut yang memasuki masa pensiun. Belum lagi, dalam beberapa tahun ter-akhir pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), mem-berlakukan moratorium penerimaan pegawai di seluruh Indonesia.
Dampak Moratorium PNS Terhadap Kebutuhan Guru di Daerah

‘’Kotawaringin Timur ter-kena dampak moratorium itu, padahal penambahan guru merupakan kebutuhan yang men-desak yang harus segera dipenuhi,’’ katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Suparmadi, mengaku telah mengusulkan penambahan 90 guru kontrak pada tahun 2016. Penambahan itu diusulkan untuk memenuhi kebutuhan akan guru di sejumlah sekolah di 17 kecamatan.

‘’Sekitar 90 orang guru kontrak telah kita usulkan, sebetul-nya saat ini kita masih mengalami kekurangan ratusan guru, terutama guru matapelajaran. Namun, kekurangan itu tidak bisa diatasi sekaligus, dan harus bertahap,’’ jelasnya.

Saat ini, jumlah guru kontrak di Kotawaringin Timur sebanyak 420 orang. Sedangkan untuk guru yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) sebanyak 3.369 orang dari tingkat SD hingga SMA.

‘’Dari hasil analisis ke-butuhan guru yang kami lakukan pada 2016 ini. Sampai saat ini, Kotawaringin Timur masih ke-kurangan tenaga guru, untuk guru SD kurang 644 orang, SMP kurang 329 orang dengan 12 mata pelajaran,’’ terangnya.

Untuk menutupi kekurangan guru yang terus ber-lanjut di daerah itu, terutama kekurangan guru yang akan ditempat-kan di sekolah wilayah pedalaman, pemerintah daerah mengangkat tenaga kontrak secara ber-jenjang setiap tahun. (Rimanews)
loading...

Artikel Terkait

Dampak Moratorium PNS Terhadap Kebutuhan Guru di Daerah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!