NADI GURU BLOG

Dongeng Anak : Si Monyet dan Si Kura-kura

Posted by Dede Taufik on Sunday, 17 July 2016

Dongeng Anak--- Dahulu, hiduplah seekor monyet dan kelinci. Mereka adalah sahabat yang akrab. Tak pernah terpisahkan oleh jarak dan waktu. Setiap pagi, mereka selalu jalan bersama, makan bersama, semua selalu bersama.

Suatu hari, mereka menemukan beberapa biji pisang.
"Hei, Ra. Gimana kalau kita tanam biji pisang ini? Siapa tahu berbuah," kata monyet.
"Ya, ya. Ayo kita tanam biji pisang ini," kata kura-kura semangat.
Mereka pun kembali ke rumah mereka masing-masing.

Di rumah monyet, ia menanam biji pisang itu di halaman rumahnya. Tapi, monyet tidak rajin merawatnya. Terkadang seminggu sekali. Bahkan pernah dalam seminggu tidak dirawat sedikitpun. Maka, pohon pisang monyet masih kecil sekali.

Sementara itu, kura-kura menanam pohon pisang itu dengan rajin. Dia selalu menyiramnya setiap hari. Akhirnya pohon pisang kura-kura sudah besar dan berbuah.

Suatu hari, monyet pergi ke rumah kura-kura. Dilihatnya pisang yang sudah besar dan matang. Kebetulan juga kura-kura meminta tolong pada monyet.
"Sahabat baikku, maukah kau petikkan untukku pisang itu? Tenang saja, kau juga akan kubagi," kata kura-kura.
Dalam hati monyet, monyet senang. Tapi, ada suatu niat jahat. Dia akan memanjat pohon lalu memakan semua pisang kura-kura tanpa memberinya.
"Baiklah, aku akan mengambilnya," kata monyet.

Monyet lalu memanjat pohon itu. Begitu sampai di atas, monyet langsung memakan pisang yang ada di pohon itu. Kura-kura kaget dan marah.
"Hei sahabatku! Mengapa kau makan pisangku?!" tanya kura-kura marah.
Si monyet tak menghiraukannya lagi. Dimakannya semua pisang itu sampai kenyang. Tapi salah satu dari dahan pisang itu retak. Akhirnya dahan itu jatuh bersama monyet. Si monyet itu pun meringis kesakitan. Tulang punggungnya patah.

Sumber : Ceritaanak.org
Dongeng Anak : Si Monyet dan Si Kura-kura

Previous
« Prev Post

Related Posts

22:45:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!