NADI GURU BLOG

Larangan Bagi Siswa Jadi Pelaksana PLS

Posted by Dede Taufik on Wednesday, 13 July 2016

Pengenalan Lingkungan Sekolah --- Siswa dilarang menjadi pelaksana kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) untuk siswa baru atau yang tahun-tahun sebelumnya dikenal dengan Masa Orientasi Siswa (MOS). Kegiatan PLS harus direncanakan dan diselenggarakan langsung oleh guru. Hal itu ditegaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. Kegiatan PLS tahun ini tidak boleh lagi bersinggungan dengan perpeloncoan.

“Anggota OSIS dan atau siswa dengan riwayat akademik dan non-akademik yang baik dapat membantu namun di bawah pengawasan guru tetapi PLS dilakukan sepenuhnya hanya oleh guru,” ujarnya pada konferensi pers di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin 11 Juli 2016 sore.

Kemendikbud menghapus Masa Orientasi Siswa (MOS) yang selama ini sering diwarnai perpeloncoan dengan berbagai variasi bentuknya. Sebagai penggantinya, Kemendikbud mengeluarkan regulasi Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 mengenai Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS).
Anies menjelaskan, Kegiatan yang dilakukan selama PLS hanyalah kegiatan yang bersifat edukatif, kreatif, dan menyenangkan. Selain itu tujuan utamanya adalah mengenalkan lingkungan sekolah pada para siswa baru. Pada PLS, siswa baru juga hanya diperbolehkan memakai seragam dan atribut sekolah.  


“Tidak ada pembebanan tugas atau penggunaan atribut yang tidak masuk akal atau tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran siswa,” ucapnya. (Pikiran-rakyat.com)
Larangan Bagi Siswa Jadi Pelaksana PLS

Previous
« Prev Post

Related Posts

08:03:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!