Mendikbud Ajak Orangtua Antarkan Anak ke Sekolah

loading...
loading...
Mendikbud Imbau Orang Tua Antar Anak Masuk Kali Pertama Sekolah--- Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), kembali mengajak kalangan orangtua untuk mengantarkan anaknya ke sekolah di tahun ajaran baru 2016/2017. Anies mengatakan, orangtua yang mengantarkan anaknya pada Hari Pertama Sekolah (HPS) sangat baik guna  membangun kemitraan antara orangtua, siswa, guru, dan sekolah.
Pasalnya, kata dia, sekolah wajib menyampaikan rencana kegiatan kepada orangtua saat terdaftar menjadi siswa baru. Selain itu, guru juga wajib berinteraksi dengan orangtua tentang penerapan pendidikan siswa baru.

“Yang sering terjadi saat HPS, orangtua malah menitipkan tanggungjawab pendidikan anaknya kepada institusi sekolah. Padahal, sangat diperlukan kemitraan. Inilah, yang kami ajak ke orangtua untuk hadir mengantarkan anaknya ke sekolah. HPS merupakan hari bersejarah bagi anak,” kata Anies, di Gedung Kemdikbud), Jakarta, Senin, (11/7) Petang.

Sekolah, lanjut dia, merupakan rumah kedua bagi anak. Pasalnya, kata Anies, setelah mereka terdaftar maka anak akan lebih banyak menggunakan waktunya di sekolah. Sepertiga waku mereka, akan dihabiskan dengan kegiatan di sekolah.

“Karenanya, hubungan orangtua dengan sekolah harus dekat, baik di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), maupun Menengah Atas (SMA),” jelas Anies.

Mengantarkan anak ke sekolah, kata Mendikbud, merupakan kesempatan membangun hubungan positif antara lingkungan orangtua dengan sekolah.

“Jika orangtua dan guru berinteraksi, maka akan tercapai kepercayaan antar keduanya. Persoalan seperti saling melaporkan antar guru, siswa, dan orangtua yang sering terjadi, dapat dicegah jika keduanya berinteraksi,” tambah Mendikbud.

Anies menjelaskan, orangtua dapat memperkenalkan karakter, dan potensi anak, sehingga guru dapat memahami untuk membimbing anak tersebut seperti apa kedepannya. Mantan Rektor Universitas Paramadina ini menambahkan, dalam era saat ini, mendisiplinkan siswa banyak cara baru, dan negara hadir untuk menjamin tidak terjadi penyimpangan.
Anies mengharapkan, semua institusi dapat mengizinkan karyawannya untuk datang ke kantor setelah terlebih dahulu mengantarkan anaknya ke sekolah.


“Mengantar anak ke sekolah akan menjadi Revolusi Mental di dunia pendidikan, terkait orangtua dan peranan sekolah. Pasalnya, dengan suasana baru dapat menyegarkan iklim belajar mengajar di sekolah,” kata Anies. (Beritasatu.com)
Mendikbud, Anies Baswedan
loading...

Artikel Terkait

Mendikbud Ajak Orangtua Antarkan Anak ke Sekolah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!