Nama Menteri Baru Hasil Reshuffle Kabinet Kerja Jilid 2

loading...
loading...
Nadi Guru – Presiden Joko Widodo atau yang dikenal sebagai Jokowi, resmi mengumumkan hasil reshuffle Kabinet Kerja jilid 2. Terdapat 9 wajah baru di jajaran menteri tersebut, sementara bagi empat menteri lama hanya bergeser posisi.
Nama-nama dari para menteri yang diumumkan oleh Presiden Jokowi tersebut hampir sesuai dengan sebuah prediksi yang telah diberitakan pada waktu sebelumnya yang telah beredar di internet atau juga media sosial (Medsos).
Beberapa nama menteri yang tak lagi menjadi menteri pada Kabinet Kerja Jokowi-JK diantaranya adalah Anies Baswedan, Yuddy Chrisnandi, Rizal Ramli, Sudirman Said, Ignasius Jonan, Marwan Jafar, dan Saleh Husin,
Berikut adalah beberapa nama menteri baru yang diumumkan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta pada hari Rabu (27/7/2016) :
  • Menteri Pendidikan dan Kebudayaan : Prof. Muhajir
  • Menko Polhukam : Wiranto
  • Menteri Keuangan : Sri Mulyani Indrawati
  • Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi : Eko Putro Sanjoyo
  • Menteri Perhubungan : Budi Karya Sumadi
  • Menteri Perdagangan : Enggartiasto Lukita
  • Menteri Perindustrian : Airlangga Hartarto
  • Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) : Archandra Tahar
  • Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) : Asman Abnur

Sementara, nama dari empat menteri yang bergeser posisinya adalah sebagai berikut:
  • Kepala BKPM : Thomas Lembong
  • Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya : Luhut Binsar Pandjaitan
  • Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional : Bambang Brodjonegoro
  • Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional : Sofyan Djalil


Adapun berkaitan dengan penjelasan singkat terkait latar belakang para menteri baru Kabinet Kerja era Jokowi-JK 2016, yaitu:
#1. Airlangga Hartarto
Politikus Partai Golkar ini menduduki jabatan Menteri Perindustrian, menggantikan Saleh Husin. Menurut beberapa pihak, nama Airlangga menjadi representasi Partai Golkar yang belakangan ini telah menyatakan dukungannya pada pemerintah.

#2. Archandra Tahar
Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan pemilik salah satu firma di Amerika Serikat ini menggantikan Sudirman Said dan menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Archandra juga diketahui sebagai salah satu inisiator off shore blok Masel.

#3. Asman Abnur
Seperti Airlangga, Asman Abnur juga disinyalir sebagai perwakilan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam pemerintahan. Asman menggantikan Yuddy Chrisnandi dan menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

#4. Budi Karya Sumadi
Direktur Utama Angkasa Pura II ini menduduki jabatan Menteri Perhubungan menggantikan Ignasius Jonan.

#5. Eko Putro Sanjoyo
Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menggantikan posisi rekan sesama partainya, Marwan Jafar. Eko menduduki jabatan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Desa, dan Transmigrasi yang baru.

#6. Enggartiasto Lukita
Pengusaha dan politikus Partai Nasdem ini Thomas Lembong. Enggar yang pernah menjadi Ketua Real Estate Indonesia (REI) ini menjabat sebagai Menteri Perdagangan.

#7. Prof. Muhajir
Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini menduduki jabatan Menteri Pendidikan Nasional, menggantikan Anies Baswedan.

#8. Sri Mulyani Indrawati
Direktur Pelaksana Bank Dunia Sri Mulyani dipercaya oleh Presiden Jokowi untuk menggantikan Bambang Brodjonegoro sebagai Menteri Keuangan

#9. Wiranto
Ketua Umum Partai Hanura ini menggantikan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan.

Jika memang ini yang terbaik, semoga Indonesia semakin baik dalam segala hal.
Sumber:

http://news.hargatop.com/2016/07/27/berita-terkini-hari-ini-reshuffle-kabinet-kerja-jilid-2-pengumuman-resmi-ini-nama-menteri-baru-dan-yang-bergeser/4128408.html
Nama Menteri Baru Hasil Reshuffle Kabinet Kerja Jilid 2
loading...

Artikel Terkait

Nama Menteri Baru Hasil Reshuffle Kabinet Kerja Jilid 2
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!