Pengertian RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau disingkat dengan RPP merupakan pegangan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. RPP dibuat oleh seorang guru untuk membantunya dalam proses mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan juga Kompetensi Dasar pada hari tersebut.
Pengertian RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Berdasarkan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.
Sementara berdasarkan PP 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa: Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.
Selain itu, menurut Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses dijelaskan bahwa RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

*Untuk contoh RPP insya Alloh akan disajikan dalam kesempatan berikutnya. Semoga kita semua ada dalam kesehatan, kesejahteraan, dan selalu semangat dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Artikel Terkait

Pengertian RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!