Sudahkah Sekolah Benar-benar Gratis?

Sekolah Gratis, Tetapi Biaya Pendidikan Semakin Mahal --- Ependi, selaku Pengurus Lembaga Kajian dan juga Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Sampit, mengatakan bahwa ada yang janggal dalam setiap penerimaan siswa baru pada setiap tahun ajaran baru. Pemerintah seringkali mempropagandakan sekolah gratis, tetapi kenyataannya biaya pendidikan semakin mahal.

“Ya memang untuk biaya pendaftaran sekolah yang wajib 9 tahun itu gratis, biaya pendaftaran ya. Tetapi, biaya-biaya lain justru menjadi beban masyarakat,” kata Ependi kepada Tabengan, Senin (11/7).

Menurut Ependi, hal itu terasa janggal dari semangat untuk membebaskan biaya pendidikan. Biaya sekolah gratis hanya seperti slogan saja, bahkan menjadi senjata pencitraan politik saja.

“Memang biaya pendidikan ini ada yang mengatasnamakan kesepakatan orang tua wali murid melalui komite sekolah. Tetapi itu tidak mewakili sebagian kecil orang tua yang kurang mampu. Saya rasa sekolah harus teliti dan memberikan kebijakan yang tepat, jika nantinya ada solusi dengan biaya silang,” kata Ependi.

Ependi pun juga mengingatkan, bahwa Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan jika setiap warga negara yang berusia 7 hingga 15 tahun wajib mengikuti pendidikan dasar. Disebutkannya, Pasal 34 ayat 2, pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya.
Sementara dalam ayat 3, wajib belajar adalahtanggung jawab negara yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan Pemerintah, pemerintah daerah, dan juga masyarakat.

“Yang inilah membuat sistem pendidikan kita ini menjadi serba salah. Di swasta atas nama mutu pendidikan memberikan beban biaya yang tinggi, padahal secara undang-undang pendidikan dasar sudah menjadi tanggungan negara. Menurut saya ini perlu diluruskan,” kata Ependi.


Dengan begitu, Ependi menegaskan, konsekuensi dari amanat undang-undang itu adalah Pemerintah dan juga pemerintah daerah wajib memberikan layanan pendidikan bagi semua peserta didik di jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP), serta satuan pendidikan lain yang sederajat. (Tabengan.com)
Sudahkah Sekolah Benar-benar Gratis?

Artikel Terkait

Sudahkah Sekolah Benar-benar Gratis?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...