Tes Urin Bagi Siswa Baru, Setuju?

Nadi Guru – Sekolah Ditantang Gelar Tes Urin Siswa Baru — Maraknya kasus nark0ba yang telah menyerang terhadap anak-anak di bangku sekolah. Mendapat perhatian dari kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang. Mereka menantang kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Sampang, untuk mengadakan test urin di kalangan pelajar setelah pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB).
“Kami sepakat jika siswa di tingkat SMA dan SMP itu dilakukan tes urine, untuk menjaga dan mengantisipasi lembaga pendidikan menjadi sarang pengguna narkoba. Langkah itu  bisa jadi efek jera bagi pengguna dan pembelajaran bagi siswa lainnya,” kata Ketua Komisi I DPRD Sampang Moh Hodai.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kurikulum dan Peningkatan Mutu Disdik Sampang, Arif  Budiansor, menerima tantangan itu. Tetapi, untuk dilakukan tes urine secara bersamaan akan membutuhkan dana yang tak sedikit. Apalagi, kepada semua pelajar baru di tingkat SMP dan juga SMA.
Namun, pihaknya mengakui jika pada tahun ajaran 2015-2016 lalu, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) dan juga Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sampang, telah melakukan tes urin di berrbagai lembaga sekolah tingkat SMP dan SMA.
Pada waktu itu menggunakan metode random dan juga sampling berdasarkan catatan guru Bimbingan dan konseling (BK).
“Kalau semuanya tidak mungkin, anggarannya sangat besar. Cuma kemarin ketika BNNP dan BNNK lakukan sampling tidak ditemukan indikasi penggunaan narkoba,” katanya.

Disdik Sampang pun telah berkoordinasi dengan seluruh lembaga pendidikan dan juga memberikan keleluasaan untuk melakukan test urine kepada peserta didiknya, yang terindikasi sebagai pengguna. Sementara untuk peserta didik baru, saat ini, pihaknya telah mengkomunikasikan kepada para dewan guru supaya melihat tanda-tanda siswa yang diduga terindikasi adanya pengaruh zat haram itu.
Metodenya adalah dengan melihat pola dan perilaku di saat menjalani masa orientasi sekolah (MOS).

“Kami berikan keleluasaan bagi lembaga sekolah untuk melakukan tes urin. Kalau siswa lama tinggal lihat catatan guru BK apakah ada tanda-tanda pemakaian obat-obatan atau tidak. Sedangkan bagi siswa baru yang lolos pada PPDB, tinggal melihat perilaku siswa baru saat MOS,” jelas Arif. (Korankabar.com)
Tes Urin Bagi Siswa Baru, Setuju?

Artikel Terkait

Tes Urin Bagi Siswa Baru, Setuju?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...