NADI GURU BLOG

Tujuan Uji Kompetensi Guru

Posted by Dede Taufik on Saturday, 9 July 2016

Tujuan Pelaksanaan UKG --- UKG atau Uji Kompetensi Guru merupakan sebuah kegiatan Ujian yang dilaksanakan untuk mengukur kemampuan/kompetensi Guru (Wikipedia). Di mana, pelaksanaan Ujian ini materinya itu disesuaikan dengan bidang studi (subject matter) dan juga pedagogik Guru yang bersangkutan.
Kompetensi pedagogik yang diujikan merupakan materi yang telah terintegrasi antara konsep pedagogik dengan proses pembelajaran didalam kelas. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melaksanakan UKG tersebut guna mengukur sekaligus mengembangkan potensi guru dalam rangka meningkat kualitas.
Dikatkan oleh Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud, Sumarna Surapranata, guru bisa menggunakan UKG sebagai sarana untuk mengembangkan diri. Pasalnya, UKG mengukur dua dari empat kompetensi guru yakni kompetensi profesional dan pedagogis. Sedangkan kompentensi lainnya, seperti kompetensi sosial dan kepribadian diukur melalui penilaian kinerja guru(PKB).

"UKG agar guru terus belajar akan menjadi inspiransi nyata bagi siswa," kata dia belum lama ini.

Adapun tujuan dari UKG tersebut adalah sebagai berikut:
#1. Mengetahui capaian kompetensi.
#2. Langkah awal guru bisa mengembangkan pelatihan sesuai rapor kompetensi guru, dan kesempatan mengembangkan diri dan prestasi bagi guru.
#3. Meningkatkan mutu pembelajaran.

Sementara itu untuk pengukuran terhadap kompetensi non-akademis dilakukan dengan cara menilai kinerja guru yang diukur dengan penilaian keterampilan, kehadiran, dan motivasi. Selama ini penilaian kinerja guru dilakukan oleh atasan langsung yaitu kepala sekolah atau pengawas sekolah.
Namun, model ini cenderung bersifat subjekif, sehingga diperlukan penilaian dari pihak luar untuk mencapai hasil yang lebih objektif. Pihak luar yang dimaksud di antaranya komite sekolah, masyarakat dan para siswa. Tujuannya, untuk mendapat potret guru yang lebih baik.

Menurut Sumarna Surapranata selaku Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, bahwa Uji kompetensi guru (UKG) pada tahun 2015 dilakukan untuk melakukan pemetaan dalam rangka memperoleh baseline tentang kompetensi guru. (Beritasatu.com)
Tujuan Pelaksanaan UKG

Previous
« Prev Post

Related Posts

12:45:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!