Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa

loading...
loading...
Nadi Guru - Dalam proses pembelajaran, motivasi siswa merupakan salah satu tolak ukur untuk menentukan keberhasilan dalam pembelajaran. Siswa yang tidak memiliki motivasi belajar, tak akan mungkin melakukan aktivitas belajar.
Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa

Pupuh Fathurrohman dan M. Sorby Sutikno (2010) mengatakan bahwa motivasi dapat dibagi menjadi dua.
#1. Motivasi intrinsik,
Motivasi instrinsik merupakan motivasi yang timbul dari dalam diri peserta didik tanpa ada paksaan dari dorongan orang lain.
#2. Motivasi ekstrinsik
Motivasi ekstrinsik merupakan motivasi yang timbul sebagai akibat pengaruh dari luar peserta didik. Hal ini bisa timbul karena ajakan, suruhan, atau paksaan dari orang lain (pendidik) sehingga dengan keadaan tersebut peserta didik mau melakukan sesuatu atau belajar.

Secara umum Oemar Hamalik (2002) menyebutkan tiga fungsi motivasi, yaitu:
  • Mendorong manusia untuk berbuat (sebagai penggerak) yang merupakan langkah penggerak dari setiap kegiatan.
  • Menentukan arah perbuatan, yakni kearah tujuan yang hendak dicapai sehingga dapat memberikan arah dan kegiatan yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuannya.
  • Menyeleksi perbuatan, yakni menetukan perbuatan-perbuatan yang harus dikerjakan yang serasi guna mencapai tujuan, dengan menyisihkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan tersebut.

Berdasarkan pendapat tersebut dapat diketahui bahwa motivasi berfungsi sebagai pendorong, pengarah, dan sekaligus sebagai penggerak prilaku seseorang untuk mencapai suatu tujuan. Begitu juga halnya dalam pencapaian tujuan pembelajaran, guru merupakan faktor yang penting untuk mengusahakan terlaksananya fungsi-fungsi tersebut dengan cara dan strategi yang tepat untuk menumbuhkan motivasi belajar peserta didik.
Lalu, Bagaimana cara menumbuhkan motivasi belajar pada siswa?

Berdasarkan informasi yang dkutip dari laman Bacakilat.com, terdapat empat (4) cara untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa.
#1. Mempunyai Impian
Setiap orang pasti mempunyai impian. Siswa yang mempunyaii impian, akan lebih termotivasi untuk belajar dibandingkan dengan siswa yang tidak memiliki impian. Pastinya, hal ini karena ada pendorong untuk mereka terus bertindak. Jadikanlah impian menjadi sumber motivasi untuk belajar. Meskipun terkadang, apa yang dipelajari di sekolah tidak akan selamanya bisa membantu seseorang untuk mencapai impian mereka.

#2. Menguasai Skill Belajar
Ingin mempunyai waktu bermain yang lebih panjang dari biasanya tanpa harus pusing mikirin pelajaran sekolah dan prestasi belajar anda terus meningakat? Pastinya, semua siswa pun akan berkata “YA.” Siapa sih yang tak mau bermain? Apalagi pelajar, usia mereka yang masih muda membuat mereka lebih tertarik untuk bermain daripada belajar atau bekerja.
Skill belajar diperlukan untuk menjadikan pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan. Hal itu bertujuan guna apa-apa yang dipelajari bisa dipahami, serta tidak mudah dilupakan begitu saja.

#3. Cara Pandang yang Benar akan Sekolah
Tak sedikit dari siswa yang malas karena cara pandang mereka yang salah tentang belajar dan sekolah itu sendiri. Siswa yang memandang sekolah sebagai satu tempat yang membosankan pasti akan malas untuk belajar. Beda halnya apabila mereka merasa sekolah atau belajar sebagai tempat untuk mengelurakan dan mengembangkan potensi diri yang mereka miliki. Tempat yang akan menghantaran mereka ke impian mereka di masa depan.

#4. Relevansi Pelajaran dengan Kehidupan
Motivasi belajar cenderung akan meningkat secara drastis apabila mengetahui relevansi antara meteri pelajaran dengan kehidupan yang nyata. Semakin relevan materi pelajaran dengan diri sendiri dan kehidupan nyata, maka motivasi belajar akan meningkat dengan sendirinya. Masalahnya, tak sedikit siswa yang tidak mengetahui hubungan antara materi pelajaran dengan kehidupan sendiri dan kehidupan nyata. Akibatnya, mereka menjadi malas belajar. Karena merasa yang dipelajari tidak begitu penting.

Selain itu, Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar lainnya yang Nadi Guru kutip dari laman Psikoterapis.com, adalah sebagai berikut:
  • Menjelaskan tujuan belajar ke peserta didik

Pada permulaan belajar mengajar seharusnya terlebih dahulu seorang guru menjelaskan mengenai Tujuan Instruksional Khusus yang akan dicapainya kepada siswa. Makin jelas tujuan maka makin besar pula motivasi dalam belajar.

  • Hadiah

Berikan hadiah untuk siswa yang berprestasi. Hal ini akan memacu semangat mereka untuk bisa belajar lebih giat lagi. Di samping itu, siswa yang belum berprestasi akan termotivasi untuk bisa mengejar siswa yang berprestasi.

  • Saingan atau kompetisi

Guru berusaha mengadakan persaingan atau kompetisi di antara siswanya untuk meningkatkan prestasi belajarnya, berusaha memperbaiki hasil prestasi yang telah dicapai sebelumnya.

  • Pujian

Sudah sepantasnya siswa yang berprestasi untuk diberikan penghargaan atau pujian. Tentunya pujian yang bersifat membangun.

  • Hukuman

Hukuman diberikan kepada siswa yang berbuat kesalahan saat proses belajar mengajar. Hukuman ini diberikan dengan harapan agar siswa tersebut mau merubah diri dan berusaha memacu motivasi belajarnya.

  • Membangkitkan dorongan kepada anak didik untuk belajar

Strateginya adalah dengan memberikan perhatian maksimal ke peserta didik.
  • Membentuk kebiasaan belajar yang baik.
  • Membantu kesulitan belajar anak didik secara individual maupun kelompok.
  • Menggunakan metode yang bervariasi.
  • Menggunakan media yang baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.


Semoga informasi berkaitan dengan cara menumbuhkan motivasi belajar ini bisa memberikan manfaatnya! Aminnn… 
loading...

Artikel Terkait

Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!