Guru-guru Banyak yang Memasuki Masa Pensiun

loading...
loading...
Nadi Guru - Guru-guru Banyak Masuki Masa Pensiun – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Samarinda adalah salah satu sekolah dengan perjalanan usia yang sangat panjang. Berdiri sejak hampir 6 dekade yang lalu menyebabkan banyak guru di sekolah yang beralamat di Jalan AW syahranie ini memasuki masa pensiun.
Setidaknya dalam setahun ada sekitar 3 sampai 5 guru yang pensiun, namun hal ini tidak dibarengi dengan guru pengganti yang sesuai.Demikian disampaikan Kepala SMKN 2 Samarinda Poneran, saat ditemui Koran Kaltim Sabtu (30/7) lalu.
Menurut Poneran, saat ini sekolahnya sudah sangat membutuhkan sekali tenaga pengajar yang muda dan memiliki spesifikasi yang sesuai, mengingat setiap tahun jumlah guru di SMKN 2 Samarinda yang terus berkurang.
“Sekolah kita ini kan sekolah tua, jadi gurunya banyak yang sudah masuk masa pensiun. Namun penggantinya belum siap, “ ujarnya.
Saat ini lanjut Poneran, setiap bulan ia sudah rutin melaporkan DKG (Daftar Keadaan Guru) yang ada di sekolahnya. Dari laporan ini dapat terbaca bagaimana jumlah guru yang ada, berapa yang keluar, dan berapa yang kosong. Untuk itu ia berharap Dinas Pendidikan agar segera memberikan solusi untuk masalah ini. Jangan sampai ketika sekolah sudah benar-benar kekurangan guru baru dicarikan penggantinya, mengingat tidak mudahnya mencari tenaga pengajar yang khusus di bidang rekayasa teknologi.
Untuk memenuhi kekurangan guru yang ada, SMKN 2 Samarinda saat ini melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Pulau Jawa, dengan mempersilahkan mereka melakukan PKL (praktek Kerja Lapangan) mengajar di SMKN 2,alu diberikan kesempatan untuk dapat melanjutkan sebagai tenaga pengajar honor.
Sementara itu, untuk perguruan tinggi di Samarinda saat ini dikatakan Poneran belum sepenuhnya memiliki jurusan yang linear untuk lulusannya mengajar di SMKN 2 Samarinda.
“Jadi selam ini kita pakai guru honorer, ya mahasiswa dari Jawa yang tadinya praktek disini saya selalu pesani bahwa kesempatan untuk mengajar disini sangat terbuka. Kalau untuk dari Samarinda sendiri sebenarnya banyak yang bisa, namun tidak sepenuhnya sesuai dengan jurusannya,” paparnya.
Poneran mengatakan 4 atau 5 tahun ke depan apabila tidak ada upaya yang serius menghadapi persoalan ini, bisa jadi SMKN Samarinda akan mengalami krisis guru.

Untuk itu ia berharap agar Pemerintah kota melalui Dinas Pendidikan dapat segera mengambil tindakan. (Korankaltim.com)
Guru-guru Banyak yang Memasuki Masa Pensiun
loading...

Artikel Terkait

Guru-guru Banyak yang Memasuki Masa Pensiun
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!