Inilah Manfaat Melatih Anak Memecahkan Masalahnya Sendiri

Nadiguru.web.id- Memecahkan masalah sendiri tidak selalu milik orang dewasa. Anak-anak juga perlu diajarkan bagaimana memecahkan permasalahan yang terjadi pada dirinya. Dengan begitu, anak bisa menumbuhkan kemandirian dan rasa percaya diri. Bila anak sudah terbiasa dalam memecahkan masalah yang terjadi pada dirinya, maka anak tersebut akan lebih siap untuk menghadapi situasi dan kondisi apapun.
Inilah Manfaat Melatih Anak Memecahkan Masalahnya Sendiri

Menurut psikolog Dra. Reni Kusumowardhani, Msi, Psi, sepanjang rentang kehidupan seseorang, mulai dari masih dalam kandungan hingga ia dilahirkan dan sepanjang kehidupannya, selalu dihadapkan pada berbagai situasi dan keadaan yang membutuhkan adaptasi.
Misalnya, saat bayi dalam kandungan, meski bersifat pasif, janin juga perlu beradaptasi untuk memecahkan permasalahan kehidupan dininya. Saat ia dilahirkan, maka ia harus dapat memecahkan masalah, salah satunya yakni bayi perlu dilatih untuk mengembangkan reflek hisap agar dapat memecahkan masalah penyusuan untuk kebutuhan gizinya.
Seiring bertambah usia, maka kemampuan pemecahan masalah kehidupannya akan semakin kompleks.
“Jadi, pada dasarnya secara naluriah setiap anak harus memiliki kemampuan pemecahan masalah. Semakin bertambah usia, tidak lagi bisa hanya mengandalkan insting, tetapi harus dirancang sedemikian rupa untuk mengajarkan problem solving (pemecahan masalah) pada anak sesuai dengan tahapan perkembangannya,” jelas Reni.

Melatih anak untuk mampu memecahkan masalah sendiri memiliki manfaat, diantaranya, anak dapat memecahkan masalah yang dihadapinya sehingga kehidupan dapat lebih memuaskan dan bahagia. Selain itu, dapat meningkatkan toleransi anak pada tingkat stress dan situasi.
Sedangkan, manfaat jangka panjangnya, secara langsung atau tidak langsung anak terlatih untuk memanfaatkan dan mengembangkan kecerdasan, serta dapat lebih mandiri. Keadaan tersebut sangat berpengaruh terhadap perkembangan kepribadian dan karakternya.
Selain itu, anak-anak yang terlatih memecahkan masalah akan dapat diharapkan lebih memiliki kepercayaan diri dan konsep yang lebih baik. Anak yang terampil dalam problem solving juga akan lebih mampu menerima tantangan, sehingga reaksinya dalam menghadapi kesulitan juga lebih baik dan bisa menghindari keputusan-keputusan yang negatif.
Selain bermanfaat untuk anak, pembelajaran problem solving pada anak juga memiliki pengaruh besar pada orang tua, antara lain, orang tua tidak terus menerus merasa khawatir bila anaknya tidak sedang dekat dengannya. Karena anak sudah terlatih untuk membiasakan dirinya menyelesaikan masalah, bisa berkembang sebagai anak mandiri dan tidak cengeng.
Orang tua juga akan semakin percaya diri, karena saat anak sudah bisa memecahkan masalah dan mengambil keputusannya sendiri serta tidak bergantung pada keputusan orang tua, maka orang tua bisa lebih yakin dalam memberikan pendidikan selanjutnya pada anak.
Pengajaran problem solving juga membuat interaksi orang tua dan anak juga menjadi lebih baik. Hubungan yang baik antara orang tua dan anak pada gilirannya akan membuat perkembangan kepribadian anak menjadi lebih matang dan stabil.

“Jadi banyak sekali manfaat melatih anak untuk berani menghadapi masalah dan belajar untuk mencari jalan keluar dari pemasalahannya tersebut,” ujar Reni.  (Sahabat Keluarga)

Artikel Terkait

Inilah Manfaat Melatih Anak Memecahkan Masalahnya Sendiri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...