NADI GURU BLOG

Kemendikbud Diminta Memperbaharui Data Penerima Tunjangan Supaya Guru Tidak Terdzalimi

Posted by Dede Taufik on Tuesday, 30 August 2016

Nadiguru.web.id – Tunjangan Guru : Pada kesempatan sebelumnya, Nadi Guru pernah memposting berkaitan dengan Selisih Jumlah Guru diKemdikbud dan Kemenkeu, Kok Bisa? Untuk kali ini, Nadi Guru akan mencoba membagikan informasi yang berkaitan dengan Kemendikbud Diminta Memperbaharui Data Penerima Tunjangan Supaya Guru Tidak Terdzalimi.
Kemendikbud Diminta Memperbaharui Data Penerima Tunjangan Supaya Guru Tidak Terdzalimi

Hal ini sebagaimana dilansir dari laman Tribunnews, jika Fikri Faqih selaku Wakil Ketua Komisi X DPR RI meminta kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memperbaharui terhadap data jumlah guru yang memiliki hak untuk mendapakan Tunjangan Profesi Guru (TPG). Hal itu disampaikan oleh Fikri, dengan mengingat bahwa ada rencana untuk memotong terhadap kelebihan anggaran TPG di daerah yang jumlahnya hingga Rp23,3 triliun dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu)
“Untuk kemendikbud, kami butuh data guru yang update,” kata Fikri dalam keterangan tertulis, Selasa (40/8/2016).

Dikabarkan, bahwa pada tanggal 1 Juli 2016, Sekjen Kemendikbud telah mengirimkan surat kepada Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu. Yang isinya adalah meminta agar kelebihan anggaran sebesar Rp 23,3 triliun, tidak disalurkan. Surat itu bernomor 33130/A.A1/PR/2016, yang kemudian ditindaklanjuti oleh Kemenkeu secara resmi pada 16 Agustus 2016. Hal itu dengan ditujukan kepada kepala daerah : gubernur, bupati, dan walikota.
Menurut Sumarna Surapranata, selaku Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, bahwa overbudget itu penyebabnya adalah karena terdapat guru yang telah pensiun dan pindah kerja. Sehingga, hal ini menimbulkan adanya dana sisa lebih pembiayaan anggaran (silpa) pada sejumlah daerah yang tidak terserap.
Dengan begitu, meskipun terjadi pemotongan terhadap anggaran, Komisi X berharap jika Kementerian Keuangan tak mengabaikan kewajibannya untuk memberikan hak guru dalam mendapatkan tunjangan tersebut.
“Jangan sampai para guru menjadi terdzalimi,” kata Politikus PKS itu.


Demikianlah informasi yang bisa disampaikan berkaitan dengan Kemendikbud Diminta Memperbaharui Data Penerima Tunjangan Supaya Guru Tidak Terdzalimi. Semoga bermanfaat!!!

Previous
« Prev Post

Related Posts

08:38:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!