Kumpulan Soal IPA 6 SD – Simbiosis serta Pembahasannya

loading...
loading...
Nadiguru.web.idKumpulan Soal IPA 6 SD Simbiosis : Kumpulan soal pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) ini dibuat untuk menambah pengetahuan. Kumpulan soal ini dikhususkan dalam materi tentang hubungan antar makhluk hidup dalam ekosistem. Dengan indikatornya adalah memberikan contoh hubungan yang erat antarmakhluk hidup (Simbiosis).
Kumpulan Soal IPA 6 SD – Simbiosis serta Pembahasannya

Jenis-jenis simbiosis yaitu:
  • Simbiosis Mutualisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda dan saling menguntungkan.
  • Simbiosis Parasitisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup di mana yang satu mendapat keuntungan sedangkan yang satunya lagi dirugikan.
  • Simbiosis Komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup di mana yang satu diuntungkan sedangkan yang satunya lagi tidak diuntungkan dan tidak juga dirugikan.
  • Simbiosis amensalisme adalah suatu hubungan timbal balik antar dua simbion yang mana salah satu dari simbion menekan pertumbuhan dan perkembangan simbion lainnya. Simbiosis amensalisme adalah kebalikan dari simbiosis komensalisme.

Adapun kumpulan soal IPA 6 SD yang berkaitan dengan simbiosis, adalah sebagai berikut:
1. Simbiosis yang terjadi antara tumbuhan kantung semar dengan semut hitam adalah …
A. Mutualisme
B. Komensalisme
C. Parasitisme
D. Amensalisme

Pembahasan :
Kantong semar merupakan tanaman karnivora yang memakan serangga, ulat, dan anak katak. Tanaman ini hidup sebagai karnivora (carnivorous plant) karena hidup di daerah yang minim unsur nitrat dan fosfat.
Sebagai karnivora, tumbuhan ini memiliki alat perangkap serangga berupa kantung atau periuk, yang merupakan perubahan bentuk dari ujung daun. Untuk mencerna mangsanya tumbuhan ini mempunyai enzim pemecah protein atau zat kimia di dalam kantongnya.
Kantong semar (nephentes bicalcarata) memanfaatkan pasukan semut hitam untuk menjaga bibir kantong jebakan tanaman. Sebagai gantinya kantong semar membuat rumah dari sulur untuk para semut. Nektar pun disediakan sebagai sumber makanan semut sehingga antara semut dan kantong semar terjadi simbiosis mutualisme.
Jawaban : A (Mutualisme)


2. Simbiosis komensalisme ditunjukkan oleh gambar …
Kumpulan Soal IPA 6 SD – Simbiosis serta Pembahasannya
Pembahasan :
Simbiosis komensalisme adalah hubungan dua makhluk hidup di mana salah satu diuntungkan dan yang satunya lagi tidak dirugikan dan juga tidak juga diuntungkan. Contohnya adalah ditunjukkan oleh gambar C yaitu antara anemon laut dan ikan badut.
Jawaban : C

3. Simbiosis yang terjadi antara benalu dengan tumbuhan yang ditumpangi adalah …
A. Komensalisme
B. Mutualisme
C. Parasitisme
D. Amensalisme

Pembahasan :
Hubungan antara benalu dengan tumbuhan yang ditumpangi adalah bersifat Parasitisme. Dalam hal ini, benalu diuntungkan dengan menyerap sari makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya. Sedangkan tumbuhan yang ditumpangi dirugikan, karena sari makanannya diserap oleh benalu.
Jawaban : C

4. Simbiosis yang terjadi antara bunga matahari dan lebah adalah ....
A. Komensalisme
B. Mutualisme
C. Parasitisme
D. Autotomi

Pembahasan :
Simbiosis antara bunga matahari dan lebah adalah mutualisme, karena keduanya saling diuntungkan.
Jawaban : B

5. Di bawah ini adalah beberapa contoh hewan yang memiliki kemampuan autotomi, kecuali …
A. Cicak
B. Kelelawar
C. Tokek
D. Bintang laut

Pembahasan :
Hewan kelelawar memiliki kemampuan ekolokasi dan juga termasuk hewan nocturnal. Sementara cicak, tokek, dan bintang laut merupakan hewan yang memiliki kemampuan autotomi.
Jawaban : B


Demikianlah informasi yang bisa disampaikan berkaitan dengan Kumpulan Soal IPA 6 SD – Simbiosis serta Pembahasannya. Semoga bermanfaat!!! 
loading...

Artikel Terkait

Kumpulan Soal IPA 6 SD – Simbiosis serta Pembahasannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!