Pengertian Karangan Deskripsi Beserta Contohnya

loading...
loading...
Nadi Guru - Karangan deskripsi merupakan karangan yang menggambarkan suatu hal atau benda dengan sejelas – jelasnya sehingga si pembaca bisa merasakan, mengalami, atau melihat sendiri hal atau benda yang sedang di bahas di dalam tulisan tersebut.
Pengertian Karangan Deskripsi Beserta Contohnya
Karangan deskripsi menggambarkan suatu hal yang bisa ditangkap oleh panca indera manusia seperti warna, bentuk, rasa, dan ada kalanya juga sifat yang sesuai dengan objeknya. Seperti karangan – karangan lainnya, karangan deskripsi dikembangkan dengan sebuah gagasan utama pada kalimat utama. Gagasan utama tersebut kemudian didukung oleh kalimat-kalimat penjelas yang menggambarkan atau memberikan gambaran utuh objek tersebut.
Berdasarkan pengertian di atas, ada beberapa karakteristik karangan deskripsi yang bisa kita lihat. Ciri-ciri karangan deskripsi tersebut adalah:

  • Karangan deskripsi menggambarkan suatu objek yang nyata. Dengan kata lain, bisa diterima oleh panca indera manusia.
  • Karangan deskripsi menggambarkan suatu objek sejelas – jelasnya sehingga membuat pembaca seolah – olah merasakan atau mengalamai sendiri apa yang dilukiskan oleh penulis.
  • Karangan deskripsi bersifat objektif. Dengan kata lain, penulis menggambarkan atau melukiskan suatu objek atau benda secara apa adanya atau tidak memihak.
  • Karangan deskripsi ditulis dengan metode, impresionistis (subjektif), realistis (objektif), atau sikap penulis.
Adapun beberapa contoh karangan deskripsi yang dikumpulkan dari berbagai sumber adalah sebagai berikut:
 --------------------------------------------------------------------------------
Apotik

Siang itu aku sedang duduk santai di sofa empuk di dalam apotik milikku yang baru saja dibuka. Apotik ini adalah impianku sejak aku kuliah di Farmasi dulu. Sekarang aku memandang puas pada usahaku selama ini. Aku bisa mendirikan apotik di kota kelahiranku.
Apotik ini cukup luas, beberapa rak besar tempat obat-obatan berjejer rapi dengan kemasan-kemasan obat warna-warni yang dikelompokkan menurut farmakologinya dan disusun alfabetis. Pandangan saya tertuju pada rak buku di pojok ruangan yang berisi buku-buku tebal. Ku ambil satu buku yang disampulnya tertulis Informasi Spesialis Obat atau yang biasa disebut kalangan farmasi dengan buku ISO.
Setelah ku pandangi aku tersenyum dan mengembalikannya ke tempat semula. buku ini adalah buku pertama yang kubeli saat aku kuliah dulu. Aku memandang lagi secara keseluruhan apotik ini, sebuah televisi 14 inci dan sebuah computer di meja kasir. Hembusan angin dari AC cukup membuat udara terasa sejuk di bulan Mei yang panas ini.
--------------------------------------------------------------------------------
Pantai Lampung nan Eksotis

Lampung merupakan salah satu Propinsi di Indonesia yang letaknya dibagian paling timur Pulau Sumatera tepatnya berbatasan langsung dengan Selat Sunda yang menghubungkan antara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Lampung memiliki potensi wisata pantai yang sangat bagus. Sangat banyak sekali pantai yang ada di Propinsi Lampung dan semuanya merupakan pantai wisata eksotis nan indah sehingga wajar saja bila para wisatawan banyak yang mengunjungi Lampung hanya untuk melihat keindahan pantainya. Saat ini juga promosi yang dilakukan Pemerintah dan masyarakat untuk menarik wisatawan asing maupun lokal sudah mulai membuahkan hasil karena setiap tahunnya jumlah wisatawan yang hadir semakin meningkat.
Lampung memiliki berbagai jenis pantai dari yang sekedar untuk berlibur santai bersama keluarga hingga pantai yang memiliki ombak besar untuk olahraga ekstrim seperti surfing, diving dan snorkling untuk melihat keindahan bawah lautnya. Pantai yang hanya untuk berlibur dan bersantai bersama keluarga sangat banyak sekali seperti Pantai Kalianda Resort, Pantai Pasir Puting, Pantai Pasir Timbul, Pantai Mutun dan masih banyak lagi. Disana pengunjung dapat merasakan suasana pantai yang tenang dengan ditemani deburan ombak dan sepoi-sepoi angin pantai. Anak-anak pun dapat bermain air di pinggir pantai karena pantai tak terlalu berbahaya karena ombaknya tak terlalu besar. Pengunjung juga dapat menginap di pantai dengan cara menyewa tempat penginapan berupa Cottage yang harganya cukup terjangkau dari Rp.300.000 hingga Rp.700.000 per malamnya.
Di Lampung juga terdapat wisata pantai untuk olahraga ekstrim seperti surfing yang tepatnya berada di daerah Krui, Lampung Barat. Disana terdapat banyak pantai yang menawarkan ombak yang menantang diantaranya yang paling terkenal adalah Pantai Tanjung Setia dan Pantai Labuhan Jukung. Kedua pantai tersebut merupakan pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing dari berbagai belahan dunia. Bahkan banyak wisatawan asing yang menyatakan bahwa Pantai Krui memiliki ombak yang lebih baik dari Pantai Kuta, Bali. Pantai krui juga belum terlalu kotor kerena memang belum banyak orang yang berkunjung kesana. Selain itu disana pengunjung dapat menyaksikan sunset dan sunrise dengan sangat jelas.
Ada wisata pantai yang sangat unik dan sangat jarang dimiliki oleh pantai manapun yaitu Pantai Teluk Kiluan, Lampung Selatan. Keunikannya karena pengunjung dapat melihat lumba-lumba disana. Namun akses untuk melihat lumba-lumba harus menggunakan perahu yang dapat disewa dengan membayar biaya sewa yang tak terlalu mahal jika dibandingkan dengan pengalaman yang didapat. Di Pantai Teluk Kiluan pengunjung dapat bersantai dan menikmati hamparan pasir pantai yang putih serta menikmati warna laut yang biru jernih.
--------------------------------------------------------------------------------

Keindahan Alam Indonesia

Indonesia merupakan Negara dengan kekayaan alam yang melimpah ruah dari Sabang hingga Marauke. Keindahan alam Indonesia memang dianggap tak ada yang mampu menandingi di negara manapun di dunia. Hampir semua pesona alam terdapat di Indonesia dari darat hingga laut. Maka dari itu tak heran jika banyak wisatawan asing yang rela datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam Indonesia. Selain keindahan yang disajikan ternyata di dalam keindahan tersebut terdapat banyak hal tersembunyi yang jarang diketahui seperti flora dan fauna yang sangat eksotis.
Alam Indonesia yang paling terkenal di mancanegara adalah keindahan pantainya yang terbentang dari barat hingga ke timur. Banyaknya pulau yang ada di Indonesia membuat kekayaan laut dan pantai semakin melimpah ruah. Selain pantai, keindahan dunia bawah laut juga menjadi buruan wisatawan untuk masuk kedalamnya dan ikut menikmati kehidupan bawah laut di Indonesia. Daerah yang memiliki keindahan pantai yang menakjubkan di Indonesia antaranya yang paling terkenal adalah Lampung, Bali dan Raja Ampat.
Selain keindahan pantai, Indonesia juga merupakan negara dengan hamparan hutan terbesar di Dunia. Oleh sebab itu Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia karena 1/3 hutan di Dunia terdapat di Indonesia. Keindahan hutan di Indonesia memang tak perlu dipertanyakan lagi karena memang hijau hamparan pohon membuat mata seakan terhipnotis. Selain itu hewan dan tumbuhan endemik juga banyak yang menjadi buruan wisatawan yang hanya untuk berfoto untuk mengabadikan momen tersebut.
--------------------------------------------------------------------------------

Kilometer Nol, Sebuah Lambang

Sebuah tugu di ujung Utara pulau Weah Aceh, berdiri tegak setinggi delapan meter. Landasannya, beton berteratak mirip tangga bersusun lima. Dengan panjang dan lebar sekitar enam meter. Tentu itu terletak di sebuah semak belukar di bilangan Jaboi, kotamadya Sabang. Itulah kilometer nol Indonesia. Berada di tugu itu, terasa sesuatu merayap di kalbu, perasaan keindonesiaan. Lagu patriotik Dari Sabang sampai Marauke seakan-akan tergiang-ngiang di telinga. Kita sedang menginjak setapak tanah di ujung paling Barat Nusantara.
Lambang Garuda begitu megah bertenger di puncak tugu. Di bawah kaki Sang Garuda, ada relief yang melukiskan untaian zamrud kepulauan di Indonesia. Memang, sempat timbul tanda tanya, apakah kilometer nol ini benar menjadi ukuran pasti dimulainya bentangan jalan raya dari ujung Barat Indonesia ke Timur. Akan tetapi, berada dititik itu, slogan Sabang-Marauke tiba-tiba menjadi sangat bermakna.
Dari titik nol kilometer ini, jalan hanya selebar 3 meter. Itupun hanya permukaan sekitar 2 meter yang kelihatan, selebihnya tertutup semak belukar. Sulit dibayangkan, jika ada kendaraan 2 arah berada di jalur itu. Jarakkilometer nol ke kota Sabang 22,5 Km. Lalu, dari Sabang terbentang lagi jarak 28 mil laut atau hampir 52 Km dan tiga jam perjalanan feri ke ujung utara Sumatra.
Jalan menuju kilometer nol hampir tak berbicara sebagai sebuah jalan raya. Kilometer nol pun seakan-akan tak berbicara sebagai tanda kilometer di tempat lain. Bahkan pualam bertuliskan”KM0” telah dicopot tangan-tangan jahil. Sedangkan tugu-tugu yang kesepian itu tak pernah dihiraukan sebagai tanda kilometer jalan raya. Akan tetapi, dalam keheningan belukar di Jaboi, di bawah bola-bola awan yang keperakan, di sela-sela deburan ombak, tugu itu tetap tegar sebagai sebuah lambang yang berbicara tentang kesatuan Indonesia.
--------------------------------------------------------------------------------

Sekolahku

Sekolahku yaitu SMAN 3 Bandar Negeri adalah salah satu sekolah yang terbaik di kotaku. Tak heran sekolahku selalu diminati oleh calon-calon siswa baru yang ingin belajar di sini. Hal tersebut sangatlah wajar karena sekolahku selalu mendapakan peringkat pertama di setiap ajang lomba yang diikuti baik tingkat kota maupun provinsi.
Tak hanya statusnya yang merupakan sekolah terbaik, kelengkapan fasilitas dan luasnya sekolahku juga menjadi salah satu faktor yang mendorong para calon siswa untuk belajar di sekolahku. Luas bangunan sekolahku kira-kira sekitar 2 hektar yang terbagi menjadi 4 lokal bangunan. Ketika pertama kali memasuki sekolahku, kita akan menjumpai lokal bangunan pertama, yaitu ruang guru, kantor administrasi, dan ruang kegiatan siswa. Ruangan-ruangan tersebut berdiri sejajar memanjang satu sama lain. Setelah melewati komplek banguan pertama kita akan menemukan komplek bangunan kelas yaitu, ruang kelas satu yang ada pada bagian utara, ruang kelas dua pada bagian selatan dan kelas tiga pada bagian barat. Pada komplek kelas satu, ada 7 kelas yang terdiri dari kelas 7.1 sampai 7.5, pada komplek kelas 8 ada 7 kelas yang terdiri dari kelas 8 Ipa 1 hingga 3 dan 8 Ips satu hingga 4, dan pada komple kelas 9 juga terdapat 7 kelas, terdiri dari 9 Ipa 1 hingga 3 dan 9 Ips 1 hingga 4.
Tepat di tengah-tengah komplek kelas terdapat sebuah lapangan yang sangat luas dan biasa dipakai sebagai lapangan upacara, selain dipakai sebagai lapangan upacara lapangan tersebut juga sering dipakai sebagai tempat kegiatan olah raga seperti sepak bola, basket, badminton, dan lain-lain. Fasilitas sekolahku pun bisa dibilang yang paling lengkap. Ada banyak fasilitas seperti lab ipa, lab bahasa, perpustakaan, green house, ruang multimedia, aula, parking lot dan ruang fitness. 
Meskipun besar dan luas sekolahku sangatlah sejuk dan hijau. Di sana banyak di tanami pohon-pohon rindang yang berbaris di setap pojok-pojok tempat. Bahkan di depan setiap ruangan kelas terdapat taman bunga cukup besar yang menambah kecantikan sekolahku. Itulah sekolahku, sekolah yang terbaik sehingga aku bangga bisa bersekolah di sini.
--------------------------------------------------------------------------------

Perpustakaan Sekolahku

Sejak SMP aku sangat gemar membaca, terutama membaca buku-buku tentang sejarah dunia maupun tekhnologi. Beruntung di sekolah SMAku yang baru ini, terdapat sebuah perpustakaan besar yang memiliki kumpulan koleksi buku yang sangat lengkap. Bahkan menurut guru-guruku, perpustakaan di sekolahku merupakan perpustakaan yang terlengkap di kota, tak jarang banyak pengunjung-pengunjung dari sekolah lain yang datang untuk mencari referensi buku.
Perpustakaan sekolahku sangatlah besar, lusanya kira-kira sekitar 50 X 70 M2 dan memiliki dua lantai. Di dalam perpustakaan terdapat banyak rak-rak buku yang disusun rapi menurut jenis buku tersebut. Di dalam rak-rak tersebut tersimpan ratusan bahkan jutaan buku-buku. Di depan barisan rak-rak buku tersebut terdapat barisan kursi dan meja belajar yang biasa digunakan oleh pengunjung untuk membaca atau mengerjakan tugas-tugas mereka. Perpustakaan sekolahku juga dilengkapi dengan pendingin udara sehingga para pengunjung merasa nyaman untuk berlama-lama di dalam ruangan. Terlebih lagi, di sana juga terdapat 3 buah komputer yang bisa digunakan  untuk mencari buku-buku sehingga pengunjung bisa dengan mudah menemukannya.
Di lantai dua juga tak kalah luasnya, lantai dua ini biasa digunakan oleh mahasiswa untuk berdiskusi dan mengerjakaan tugas karena dilengkapi dengan wifi sehingga mereka bisa berselancar di dunia maya dengan sangat mudah dan cepat.
Selain luas dan nyaman, perpustakaan di sekolahku juga dilengkapi dengan keramah tamahan penjaganya. Ada sekitar 15 penjaga yang siap membantu para pengunjung. Itulah perpustakaan sekolahku, aku sangat bersyukur bisa belajar di sekolah yang memiliki perpustakaan yang luar biasa ini.
--------------------------------------------------------------------------------

Kelas XII IPA1

Kelas XII IPA 1 sudah menjadi seperti rumah bagi kami di sekolah. Di sanalah kami bertemu dengan teman-teman yang sangat baik. Di sana juga kami menutut ilmu demi meraih masa depan. Meskipun kelas kami tidak begitu luas, hanya sekitar 7 X 6 m2 tetapi kelas ini sangatlah bersih dan nyaman.
Lantai kelas di lapisi oleh keramik putih yang sangat bersih dan mengkilap. Tak hanya bersih kelas kami juga sangat lengkap. Kami memiliki 30 buah kursi dan meja, di depannya terdapat 2 buah papan tulis putih yang besar. Di samping papan tulis terdapat meja guru dan lemari besar.
Di dinding kelas yang putih dan bersih dihiasi oleh gambar-gambar pahlawan, poto presiden, pancasila dan kata-kata motivasi. Di dinding belakang kelas juga terdapat sebuah mading yang dihiasi dengan puisi, pantun, dan kata-kata mutiara karya kami semua.
Itulah kelasku, kelas yang sangat bersih dan lengkap sehingga kami semua nyaman dalam belajar untuk menyongsong masa depan kami.

Semoga bermanfaat! 
loading...

Artikel Terkait

Pengertian Karangan Deskripsi Beserta Contohnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!