Pentingnya Menghargai Jasa Para Pahlawan

Nadiguru.web.id – Guru menulis – Tulisan yang berjudul “Pentingnya Menghargai Jasa Para Pahlawan” ini dimuat pada Harian Umum Kabar Priangan (19 Agustus 2016). Untuk selengkapnya isi dari tulisan itu adalah sebagai berikut:
Guru Menulis : Pentingnya Menghargai Jasa Para Pahlawan

Pentingnya Menghargai Jasa Para Pahlawan
Bulan Agustus merupakan salah satu bulan yang sangat penting bagi Indonesia. Di mana, pada bulan ini bangsa Indonesia menyatakan diri atas kemerdekaannya. Tentunya, perjuangan untuk sampai pada suatu kemerdekaan tidaklah mudah. Butuh pengorbanan yang sangat luar biasa, baik pengorbanan dalam bentuk jiwa, raga, maupun materi.
Semua itu, telah dibuktikan oleh para pahlawan bangsa Indonesia pada masa itu. Baik para pahlawan yang gugur di medan perang, maupun juga para pahlawan yang atas ijin Alloh bisa selamat di medan perang dan bisa menikmati masa-masa yang merdeka.
Berkat adanya perjuangan dan pengorbanan yang begitu besar dari para pahlawan terdahulu, kita semua harus mensyukurinya. Salah satu bentuk syukur yang perlu dilakukan adalah dengan menghargai jasa para pahlawan tersebut.
Bagi seorang pelajar, cara yang bisa dilakukan adalah dengan belajar secara sungguh-sungguh. Tidak boleh malas, apalagi lebih banyak bermain ‘game’ dibandingkan dengan belajar. Akan tetapi, belajar harus dijadikan sebagai kebutuhan agar apa-apa yang telah dicita-citakan oleh para pahlawan terdahulu bisa terus dijaga. Yaitu sebuah cita-cita yang ‘merdeka’. Merdeka dari kebodohan dan merdeka dari kemiskinan.
Selain itu, cara yang bisa dilakukan oleh para pelajar dalam menghargai jasa para pahlawan adalah dengan menghindarkan diri dari berbagai kenakalan remaja. Misalnya, seperti tawuran antar pelajar, bolos sekolah, pergaulan bebas, dan bentuk kenakalan remaja lainnya. Semua itu bisa merusak masa depan pelajar yang akan menjadi generasi penerus di masa mendatang.
Sesungguhnya, sikap menghargai terhadap jasa para pahlawan itu sangat penting. Sehingga, sikap itu harus ditanamkan kepada para pelajar. Dalam hal ini, guru sebagai pelaksana pendidikan di sekolah memiliki peranan penting untuk menanamkannya. Bukan hanya guru sejarah saja yang menguasai secara dalam berkaitan dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam menggapai kemerdekaan.
Melainkan, guru-guru yang lain pun harus turut serta memberikan gambarannya. Meskipun yang diberikannya hanya sebatas garis beras atau intinya saja. Apalagi bagi guru sekolah dasar (SD), yang mengajar seluruh mata pelajaran dan sekaligus menjadi wali kelas. Tujuannya adalah agar para pelajar bisa mengetahui dan memahami bahwa penggapaian kemerdekaan tidaklah mudah.

Sehingga, para pelajar bisa menghargai jasa-jasa para pahlawan dengan belajar bersungguh-sungguh dan menghindarkan diri dari berbagai kenakalan remaja. Dengan begitu, para pelajar kita akan menjadi bangsa yang besar. Sebagaimana yang telah dikatakan oleh Soekarno, bahwa “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan”.

Artikel Terkait

Pentingnya Menghargai Jasa Para Pahlawan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...