NADI GURU BLOG

Pubertas dan Ciri-cirinya

Posted by Dede Taufik on Friday, 5 August 2016

Nadi Guru - Pubertas adalah masa peralihan dari anak-anak menuju kedewasaan. Setiap orang pasti mengalami masa pubertas. Berkenaan dengan pubertas, materinya juga dipelajari di sekolah mulai dari SD. Dalam penyampainnya pun harus hati-hati pasalnya anak di zaman sekarang pemikirannya udah luas dalam hal yang ‘negatif’.
Pubertas dan Ciri-cirinya
Pubertas juga dikatakan sebagai masa dimana terjadi pematangan tubuh terutama dalam fungsi seksual sehingga siap untuk pembuahan. Terdapat beberapa perubahan yang dapat diamati dari perubahan secara fisik, psikologis maupun secara perilaku.
Perubahan fisik yang jelas terlihat adalah adalah adanya fase growth spurt, dimana terjadi pertumbuhan yang cepat, serta adanya tanda-tanda perkembangan seksual sekunder.
Perubahan psikologis yang sering ditemukan adalah adanya perubahan mood yang labil dan terkadang pada masa pubertas, remaja jadi lebih agresif.
Perubahan perilaku pada masa pubertas menyebabkan mereka jadi lebih berani mencoba hal-hal baru bahkan hal-hal yang beresiko tinggi misalnya alkohol, rokok, hingga obat-obatan terlarang. Adanya pendampingan yang baik oleh orang tua, guru serta diberikan pengertian tentang masa yang dialami oleh remaja ini akan membantu remaja melewati masa ini dengan baik. (Kerjanya.net)
Sepengetahuan Nadi Guru, penentuan masa pubertas ini rentangan umurnya berbeda-beda. Ada yang menyebutkan 8 hingga 10 tahun dan berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 16 tahun. Namun juga ada yang memisahkan masa pubertas pada perempuan dan laki-laki. Untuk perempuan usia 9 hingga 14 tahun. Sementara untuk laki-laki usia 14 hingga 17 tahun.

Ciri-ciri Pubertas
Pubertas sendiri memiliki ciri-cirinya, baik pada perempuan maupun juga laki-laki. Ciri-ciri tersebut dibagi menjadi dua jenis, yaitu ciri primer dan ciri sekunder. Ciri primer adalah ciri yang tidak tampak, sementara ciri sekunder adalan ciri yang tampak.
Ciri primer
  • Perempuan : menstruasi
  • Laki-laki : mimpi basah

Ciri sekunder
  • Perempuan : pinggul melebar, payudara membesar, suara melengking, tumbuh bulu-bulu halus di bagian tertentu.
  • Laki-laki : dada membidang, suara membesar, tumbuh jakun, tumbuh bulu-bulu halus di bagian tertentu.


Nah, itulah kiranya pengetahuan seputar pubertas dan ciri-cirinya. Semoga bermanfaat!

Previous
« Prev Post

Related Posts

09:30:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!