#10 Hikmah Membaca Al-Qur’an Setiap Hari

loading...
loading...
Nadiguru.web.id – Syiar Islam : Hikmah Membaca Al-Qur’an Setiap Hari - Al-Qur’an merupakan kitab suci bagi umat Islam. Kitab ini merupakan kitab yang menjadi pedoman hidup bagi manusia. Segala sesuatu dalam hidup dan kehidupan ini telah diatur di dalamnya.
Diakui atau tidak, jika saat ini telah jarang yang rajin membaca Al-Qur’an. Tak sedikit yang benar-benar menjadi Al-Qur’an sebagai petunjuk hidupnya. Seringkali, dalam membaca Al-Qur’an ini selalu mendapat berbagai godaan. Dan godaan tersebut hanya sebagian yang bisa mengalahkannya. Sehingga, dirinya rajin membaca Al-Qur’an setiap hari.
#10 Hikmah Membaca Al-Qur’an Setiap Hari

Bagi yang lainnya, dan termasuk saya sendiri bisa jadi membaca Al-Qur’an itu hanya musiman saja. Maksudnya, ketika memasuki bulan Ramadhan atau bulan puasa. Padahal, ternyata membaca Al-Qur’an itu memiliki banyak hikmahnya.
Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya barang siapa yang dalam dirinya tiada bacaan al quran maka ia seperti halnya rumah yang roboh”

Hal ini sebagaimana dilansir dari laman Duniaislam .org, bahwa setidaknya terdapat 17 keutamaan dalam membaca Al-Qur’an setiap hari. Beberapa keutamaan atau hikmahnya bisa disimak di bawah ini.

#1. Sebaik-baik manusia yang mempelajari dan mengajarkan alquran
Nabi Muhammad Saw bersabda bahwa :
“Sebaik-baik kalian adalah siapa yang memperlajari al-Qur’an dan mengamalkannya.” (HR. Bukhari)

Dengan menganalisis sabda di atas, bisa diartikan jika kita ingin menjadi orang yang baik, maka pelajarilah Al-Qur’an dan kemudian ajarkanlah Al-Qur’an itu kepada muslim yang lainnya.

#2. Pahala membaca Al-Qur’an
Nabi Muhammad Saw bersabda bahwa :
“Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi).

Subhanalloh,,, pahala bagi orang yang membaca Al-Qur’an itu sangat besar sekali. Mudah-mudahan kita semua bisa menjadi orang-orang yang rajin membaca Al-Qur’an agar bisa mendapatkan pahala yang yang berlimpah.

#3. Pahala bagi orang tua yang anaknya mempelajari Al Quran
“Siapa saja membaca al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, ‘bagaimana dipakaikan kepda kami semuanya itu?’ Dijawab, ‘karena anakmu telah membawa al-Qur’an”. (HR. Al-Hakim).

Sungguh bahagia sekali, bagi orangtua yang yang anaknya mempelajari Al-Qur’an. Pasalnya, pahala akan sampai kepadanya juga. Apalagi, nanti di hari kiamat mahkota dari cahaya akan dikenakan kepadanya. Subhanalloh,,,

#4. Keutaman membaca Al Quran, Menghafalnya dan pandai membacanya
Nabi Muhammad Saw bersabda bahwa :
“Perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia hafal dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala.” (Muttafaq ‘alaih).

#5. Al-Qur’an memberi syafa’at kepada ahlinya di akhirat
Nabi Muhammad Saw bersabda bahwa :
“Bacalah al-Qur’an karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada para ahlinya.” (HR. Muslim)

Selain itu, Nabi Muhammad saw juga bersabda :
“Puasa dan Al-Qur’an keduanya akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat…” (HR. Ahmad dan Al-Hakim).

#6. Dapat menentramkan hati
Siapa yang tak mau hatinya menjadi tentram? Pasti saja semuanya juga menginginkannya. Nah, bacalah Al-Qur’an setiap hari agar hati kita menjadi tentram.
“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS.13:28).

#7. Menyembuhkan penyakit
Siapa yang berpenyakit dan penyakitnya ingin sembuh? Bacalah Al-Qur’an agar penyakitnya bisa disembuhkan. Pasrahkan semuanya kepada sang pemilik, Alloh Swt.
“Hendaknya kamu menggunakan kedua obat-obat: madu dan Al-Qur’an” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud).

#8.  Pembaca Al Quran memperoleh kedudukan yang tinggi dalam syurga
Rasulullah Saw bersabda:
“Bacalah (al-Qur’an), naiklah (pada darjat-darjat syurga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil didunia. Sesungguhnya kedudukan drajatmu sehingga kadar akhir ayat yang engkau baca.” (HR. Ahmad).

#9. Orang yang membaca Al Quran secara terang-terangan seperti bersedekah secara terang-terangan
Rasulullah Saw bersabda:
“Orang yang membaca Al-Qur’an terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, orang yang membaca Al-Qur’an secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’I, lihat shahihul jaami’:3105).

Subhanalloh,,, sungguh luar biasanya.

#10. Al Quran adalah cahaya ditengah kegelapan
Apakah Anda sedang galau atau merasa sedang banyak masalah? Bacalah Al-Qur’an agar hati dan pikiran kita menjadi lebih terang, lebih berbahagia, dan lebih sejuk.
Rasulullah Saw bersabda:
“Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Al Qur’an sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari maka bacalah dengan sungguh-sungguh.” (HR. Baihaqi)
Demikianlah informasi yang bisa disampaikan tentang #10 Hikmah Membaca Al-Qur’an Setiap Hari. Semoga bermanfaat!!!
loading...

Artikel Terkait

#10 Hikmah Membaca Al-Qur’an Setiap Hari
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!