#3 Cara Menghindari Rasa Sombong

loading...
loading...
Nadiguru.web.id – Syiar Islam : Sombong merupakan salah satu sifat yang dimiliki oleh manusia karena merasa dirinya “paling”, seperti merasa diri paling pintar, paling hebat, paling kaya, paling menarik, dan lain-lain. Sehingga, orang tersebut memandang orang lain itu lebih rendah, orang lain itu tidak ada apa-apanya.
#3 Cara Menghindari Rasa Sombong

Sifat sombong, merupakan sifat yang sangat dibenci oleh Alloh Swt dan juga merupakan dosa yang sangat besar. Bahkan, Rasulullah Saw pernah bersabda bahwa “Tidak akan masuk sorga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong, walaupun hanya seberat biji sawi” (Riwayat Muslim).
Rasa sombong adalah sebuah perkara yang sangat berbahaya bagi manusia. Dalam Alquran, Allah SWT mengingatkan kita :
“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS Lukman [31]:18).

Dengan begitu, sifat dan rasa sombong itu harus dihindari, agar kita tidak menjadi menusia yang hina dan dihinakan. Untuk menghindarinya, ada beberapa kiat yang dapat dilakukan oleh kita semua. Hal sebagaimana Nadi Guru kutip dari tulisannya Hiznu Sobar di laman Republika, bahwa ada beberapa kita yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa sombong tersebut. 

Pertama, tentunya kita harus mengingat tentang asal dari apa diri kita diciptakan. Allah SWT berfirman :
“Maka hendaklah manusia memerhatikan dari apakah dia diciptakan? Dia diciptakan dari air yang dipancarkan, yang keluar dari antara tulang sulbi laki-laki dan tulang dada perempuan.” (QS  ath-Thaariq: 5-7).

Dengan begitu, sebagai manusia yang mengetahui asal usul dari apa kita diciptakan. Pantaskah kita untuk menyombongkan diri, padahal kita hanya diciptakan dari setetes air mani?
Baca jugaInilah Orang-orang yang Selalu Didoakan oleh Malaikat

Kedua, kita disarankan untuk bergaul dengan orang-orang yang dianggap keberadaannya di bawah kita. Kita bakal banyak merasa bersyukur, pasalnya kita sendiri bisa merasakan betapa banyaknya nikmat yang telah dberikan oleh Allah SWT, jika dibandingkan orang lain yang berada di bawah kita. Syukur nikmat tersebut katanya akan membantu kita untuk bisa menghindari terhadap rasa sombong.
“Sesungguhnya Allah telah memberikan wahyu kepadaku agar diantara manusia saling merendahkan hati (tidak menyombongkan diri) sehingga seseorang terhadap yang lainnya tidak saling menindas atau menyombongkan diri dengan yang lainnya.” (HR Muslim).

Ketiga, ingatlah selalu terhadap kematian. Bukankah setiap makhluk yang hidup pasti akan mati? Bukankah kita seringkali menyaksikan maupun mendengar jika telah banyak orang-orang yang mati mendahului kita? Bukankah kita juga sama akan menyusul mereka yang telah kembali ke hadapan Alloh? Maka dari itu, ingatlah selalu akan kematian, supaya kita bisa dijauhkan dari sifat sombong yang menjerumuskan.
“Katakanlah: Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS al-Jumu'ah[62: 8). Wallahu a'lam bisshawab.

Sebelumnya, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pak Hiznu Sobar atas artikel yang kemudian dibagikan ke public yang tentunya sangat memberikan manfaatnya. Dan Nadi Guru pun mempublikasikannya adalah dengan tujuan untuk saling mengingatkan. Pasalnya, sudah menjadi keharusan bagi kita sebagai muslim untuk saling mengingatkan.
Baca juga Maukah Rizki Kita Berlimpah dan Berkah?


Demikianlah informasi yang bisa disampaikan terkait dengan #3 Cara Menghindari Rasa Sombong. Semoga bermanfaat!!! 
loading...

Artikel Terkait

#3 Cara Menghindari Rasa Sombong
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!