NADI GURU BLOG

ICW, Korupsi Tertinggi Terjadi di Bidang Pendidikan. Mengapa?

Posted by Dede Taufik on Saturday, 29 October 2016

Pendidikan merupakan salah satu bidang yang mendapatkan anggaran paling tinggi. Sehingga, hal tersebut dapat memungkinkan orang-orang yang tak bertanggung jawab untuk melakukan suatu kecurangan, seperti halnya tindakan korupsi.
ICW, Korupsi Tertinggi Terjadi di Bidang Pendidikan. Mengapa?

Berdasarkan penuturan Donal Fariz yang merupakan salah satu anggota ICW, katanya korupsi yang terbanyak terjadi adalah bidang pendidikan.
“Sebenarnya korupsi banyak terjadi di sektor pendidikan. Itu menurut data kuantitatif ICW,” ungkapnya dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (29/10/2016).

Menurut Donal jika anggaran pendidikan tersebut mencapai sekitar Rp424 triliun. Pada bidang pendidikan itu sendiri terdapat beberapa modus korupsi.
“Terdapat sekitar 12 modus suap dalam pemilihan di perguruan tinggi. Ada juga korupsi dalam hal pengadaan barang,” ujarnya.

Selain itu, berbagai modus korupsi pun terjadi di tingkat sekolah seperti halnya jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Hal tersebut dapat terjadi pada penerimaan siswa baru sampai pungli.
“Inilah ironis dan sangat bisa ditebak. Di mana ada uang di sana bisa berpotensi korupsi,” jelasnya.


Selain itu, Donal juga menambahkan bahwa dalam pemilihan rektor pun menjadi salah satu modus tindakan korupsi di sektor pendidikan. (news.okezone.com)

Previous
« Prev Post

Related Posts

11:29:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!