NADI GURU BLOG

Perbedaan Fungsi Otak Kiri dan Kanan

Posted by Dede Taufik on Sunday, 30 October 2016

Perbedaan fungsi otak kanan dan otak kiri
Nadiguru.web.id -Seringkali kita mendengar bahwa penggambaran seseorang itu didasarkan pada fungsi otaknya. Katanya, seseorang yang lebih dominan otak kirinya akan pintar matematika. Sementara itu bagi yang dominan pada otak kanannya akan lebih unggul dalam kreativitas.

Pertanyaan yang mungkin saja muncul adalah benarkah jika perbedaan antara otak kanan dan otak kiri seperti itu?

Pengetahuan kita terkait dengan fungsi otak tidak terlepas dari jasa Roger Sperry (1913-1994). Sperry adalaj seorang neuropsikolog yang telah menemukan bahwa akal manusia terdiri atas dua bagian.
Menurutnya, masing-masing bagian otak tersebuy mempunyai fungsi spesial tanpa bergantung satu dengan yang lainnya. Dimana, belahan otak bagian kanan mengontrol otot-otot di bagian kiri tubuh, dan begitu pula sebaliknya jika belahan otak bagian kiri mengontrol otot-otot di bagian kanan tubuh.
Jika kita mengedipkan mata kanan, itu berarti bahwa otak kiri yang bekerja. Oleh sebab itu, apabila adanya kerusakan pada satu sisi otak, akan mempengaruhi fungsi tubuh secara berlawanan.

Secara umum, otak kiri dominan dalam bahasa yaitu meliputi tentang proses pengolahan apa yang kita dengar dan menangani sebagian besar tugas berbicara. Otak kiri pun juga bertugas soal logika dan hitungan matematika. Jika kita ingin mengungkapkan sebuah fakta, otak kiri akan menariknya dari memori kita.
Sementara itu, belahan otak bagian kanan bertanggung jawab atas kemampuan spasial yaitu yang meliputi pengenalan wajah dan pengolahan musik. Otak bagian kanan pun juga melalukan beberapa fungsi matematika, tapi hanya perkiraan kasar dan perbandingan. Bagian ini juga membantu kita memahami citra visual dan apa yang kita lihat. Dalam hal bahasa, bagian ini membantu kita menafsirkan konteks dan nada seseorang ketika berbicara.
Itulah kiranya perbedaan fungsi dari bagian otak kanan dan kiri secara sederhana yang bersumber dari laman nationalgeographic. Semoga bermanfaat!

Previous
« Prev Post

Related Posts

17:48:00

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!