Arti Makar Adalah?

loading...
loading...
Nadiguru.web.id - Makar adalah suatu tindak pidana yang dikategorikan kejahatan. Dimana, dalam perspektif hukum islam disebut dengan ‘jarimah’ atau ‘jinayat’ yaitu berbagai larangan hukum yang diberikan allah swt. Secara singkatnya, makar itu bisa dikatakan sebagai tindakan jahat yang dilarang oleh syariat.
Arti Makar Adalah?

Makar Menurut KBBI
Arti kata makar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
makar1 = akal busuk; tipu muslihat: segala — nya itu sudah diketahui lawannya; 2 perbuatan (usaha) dengan maksud hendak menyerang (membunuh) orang, dan sebagainya: karena — menghilangkan nyawa seseorang, ia dihukum; 3 perbuatan (usaha) menjatuhkan pemerintah yang sah: ia dituduh melakukan.

Contoh Makar
Dalam suatu perusahaan, terdapat seorang karyawan yang rajin dan berprestasi, setiap tahun jabatannya naik, sehingga membuat rekan kerja diatasnya merasa gelisah takut akan di geser posisinya, maka rekan kerja tadi membuat makar bagaimana supaya karyawan berprestasi ini celaka atau menurun prestasinya.
Motifnya pun bisa berbagai macam, bisa dengan menuduhnya mencuri dengan menaruh barang orang lain di mejanya, atau bisa juga dengan membuatnya terlambat rapat atau bekerja, popkoknya makarnya bisa berbagai macam.

Contoh Makar Dalam Pemerintahan Indonesia
Kasus makar pernah terjadi Saat Bung Karno masih menjabat presiden Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), seorang bernama Daniel Maukar melakukan serangan mengerikan ke istana negara. Dengan pesawat tempur yang dikendalikannya, pilot hebat Indonesia ini melakukan penyerangan yang mematikan. Untungnya, pada kejadian ini, Bung Karno sedang tidak ada di tempat sehingga nyawanya jadi selamat.
Akibat kasus penyerbuan ini, Daniel Maukar diadili atas tindakan makar terhadap negara dan juga presiden. Dia dijatuhi hukuman mati meski pada akhirnya diampuni dan hanya menjalani sekitar 8 tahun masa tahanan sebelum akhirnya bebas memasuki lengsernya era Bung Karno menjadi presiden di Indonesia.

Bahaya Makar
Bahaya makar sendiri sudah jelas merugikan orang lain yang tak bersalah, bayangkan jika anda yang mengalami tipu muslihat seperti yang saya contohkan diatas, tentu semua orang tidak akan mengalaminya bukan? Selain itu perbuatan Makar seperti ini dilarang dalam agama islam.


Demikianlah informasi yang bisa disampaikan berkaitan dengan arti kata maker yang dilansir dari laman Okistudio.com. Apabila Anda merasa jika artikel ini bermanfaat, silahkan di share kepada teman yang lain ya! Semoga teman yang lain pun juga ikut terbantu dalam mengetahui arti kata makar.
loading...

Artikel Terkait

Arti Makar Adalah?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!