Arti Supremasi Hukum

Nadiguru.web.id - Arti Supremasi Hukum adalah : Jhon Locke dalam salah satu hasil karyanya menyebutkan tiga unsur yang dijadikan negara itu bisa dikatakan sebagai negara hokum. Ketiga unsur tersebut yakni : adanya pengaturan hukum yang mengatur bagaimana warga negaranya dapat menikmati hak asasinya sendiri, terdapat suatu badan tertentu yang digunakan sebagai sarana penyelesaian sengketa yang timbul di pemeritahan, dan terdapat suatu badan tertentu yang digunakan sebagai sarana penyelesaian sengketa yang timbul di antara sesama anggota masyarakat.
Arti Supremasi Hukum

Adapun beberapa pengertian mengenai supremasi hukum itu sendiri yang dikemukakan oleh para ahli adalah sebagai berikut:

#1. Soetandyo Wignjosoebroto
Supremasi hukum adalah sebagai upaya dalam penegakan hukum dan penempatan hukum sebagai posisi tertinggi dalam suatu negara yang dapat digunakan untuk melindungi semua lapisan masyarakat tanpa intervensi atau gangguan dari pihak manapun termasuk pihak penyelenggara negara.

#2. Abdul Manan
Supremasi hukum adalah sebagai upaya penegakan hukum dan penempatan hukum pada posisi tertinggi dari segalanya, serta menjadikan hukum sebagai panglima ataupun komandan dalam upaya untuk menjaga dan melindungi tingkat stabilitas dalam kehidupan suatu bangsa dan negara.

#3. Hornby.A.S
Supremasi hukum adalah kekuasaan tertinggi, dalam hal ini dapat diartikan lebih luas lagi bahwa hukum sudah sepantasnya diletakkan pada posisi yang tertinggi dan memiliki kekuasaan penuh dalam mengatur kehidupan seseorang.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan berkaitan dengan Arti Supremasi Hukum. Semoga bermanfaat!!!

Artikel Terkait

Arti Supremasi Hukum
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...