Home » , » Bagaimana Jika Pendidikan Moral Pancasila (PMP) Diajarkan Kembali Di Sekolah?

Bagaimana Jika Pendidikan Moral Pancasila (PMP) Diajarkan Kembali Di Sekolah?

Nadiguru.web.idBagaimana Jika Pendidikan Moral Pancasila (PMP) Diajarkan Kembali Di Sekolah : Pendidikan moral pancasila atau dikenal dengan PMP (zaman sekolah dulu) dikatakan oleh Darmadi adalah sebagai sikap saling menghargai antar manusia dan menghormati sebagai manusia yang bermoral dan beretika sesuai dengan pancasila. Pendidikan moral pancasila ini sangatlah penting untuk dilaksanakan dan diterapkan dikalangan remaja. Hal itu supaya generasi muda bisa bermoral dan juga beretika.
Baca juga :

Bagaimana Jika Pendidikan Moral Pancasila (PMP) Diajarkan Kembali Di Sekolah?

Pengertian Moral
Beberapa pengertian moral yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli adalah sebagai berikut:
1. Suseno (1998)
Moral adalah ukuran baik-buruknya seseorang, baik sebagai pribadi maupun sebagai warga masyarakat, dan warga negara. Sedangkan pendidikan moral adalah pendidikan untuk menjadikan anak manusia bermoral dan manusiawi.
2. Ouska dan Whellan (1997)
Moral adalah prinsip baik-buruk yang ada dan melekat dalam diri individu/seseorang. Walaupun moral itu berada dalam diri individu, tetapi moral berada dalam suatu sistem yang berwujud aturan. Moral dan moralitas memiliki sedikit perbedaan, karena moral adalah prinsip baik-buruk sedangkan moralitas merupakan kualitas pertimbangan baik-buruk.

Lalu, Bagaimana Jika Pendidikan Moral Pancasila (PMP) Diajarkan Kembali Di Sekolah?
Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman Liputan6.com bahwa Zulkifli Hasan selaku Ketua MPR, ternyata sangat setuju apabila Pendidikan Moral Pancasila diajarkan kembali di sekolah-sekolah, mulai SD, SMP dan juga seterusnya. Selain itu, para guru pun diberi kesadaran untuk hal tersebut.
Menurut Zulkifli, hal itu dinyatakan dalam menjawab usulan yang disampaikan oleh anggota Kaukus Politisi Perempuan Indonesia (KPPI) ketika sosialisasi ‘Empat Pilar MPR’ di ruang Ayodhia Hotel Tasneem, Jl. Brigjen Katamso, Jogjakarta.
Ditegaskan kembali oleh Zulkifli bahwa sudah delapan belas (18) tahun kita reformasi. Sudah lama pula kita telah kehilangan pendidikan moral Pancasila (PMP) dari sekolah. Padahal, seharusnya, hal-hal yang baik yang terdapat di zaman Orde Baru, seperti halnya pendidikan moral Pancasila tersebut perlu dan meski diteruskan.
Zulkifli juga menyatakan jika sosialisasi Empat Pilar ini harus lebih dimasifkan lagi, termasuk juga melalui pendidikan moral Pancasila. Bagaimana untuk merealisasikannya? Katanya, bahwa beliau telah menyampaikan hal itu kepada Bapak Presiden. Dan Bapak Presiden pun menyetujuinya, dan akan membentuk komisi yang nantinya akan dipimpin oleh Yudi Latif.

Secara pribadi, saya pun setuju jika pendidikan moral pancasila diajarakan kembali di sekolah. Hal itu bertujuan untuk menciptakan moral generasi bangsa yang berkualitas. Maksudnya, generasi yang memiliki akhlak dan kepribadian baik dan terhindar dari pengaruh-pengaruh negative yang dapat merusak masa depan generasi bangsa itu sendiri.

Nah, bagaimana tanggapan Anda sendiri berkaitan dengan Bagaimana Jika Pendidikan Moral Pancasila (PMP) Diajarkan Kembali Di Sekolah?


0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

Sering Dikunjungi