Cara Menjaga Lingkungan Agar Bersih dan Nyaman

Nadiguru.web.id - Cara Menjaga Lingkungan Agar Bersih dan Nyaman : Lingkungan merupakan tempat dimana makhluk hidup tinggal, baik hewan, tumbuhan, dan juga kita sebagai manusia. Pastinya, setiap manusia menginginkan lingkungannya bersih dan nyaman. Bahkan, dikatakan bahwa Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dan bagi siapa pun yang berusaha untuk menjaga kebersihan, berarti pada dirinya terdapat keimanan yang kuat. Sementara itu, kenyamanan juga sangatlah penting. Nyaman untuk menjalani kehidupan di dunia agar terhindar dari berbagai penyakit.
Hampir semua orang, saya pastikan menyukai kebersihan. Namun, tak bisa dipungkiri jika hanya sedikit yang memperdulikan kebersihan itu sendiri. Bahkan, tak sedikit pula yang dengan sengaja melakukan suatu kegiatan yang akan mengotori lingkungan sehingga menjadi rusak. Contohnya adalah membuah sampah sembarangan, membuang sampah ke sungai, dan lain sebagainya.
Cara Menjaga Lingkungan Agar Bersih dan Nyaman

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan dan pencegahan. Yang dimaksud dengan kebersihan lingkungan adalah menciptakan lingkungan yang sehat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti demam berdarah, muntaber dan lainnya. Ini dapat dicapai dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih indah dan nyaman.
Sebagaimana dilansir dari laman merlindakusmawati bahwa agama Islam juga mengajarkan mengenai kebersihan lingkungan yang mencangkup kebersihan makan, kebersihan minum, kebersihan rumah, kebersihan sumber air, pekarangan dan jalan. Ini semua sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yaitu kebersihan adalah sebagian dari pada iman.
Kebersihan akan lebih menjamin kebersihan seseorang dan menyehatkan. Kebersihan tidak sama dengan kemewahan, kebersihan adalah usaha manusia agar lingkungan tetep sehat terawat secara kontinyu. Jika sudah terbiasa menjaga kebersihan, maka ketika melihat tempat yang tidak bersih perlu segera kita bersihkan agar hilang dari pandangan mata. Semakin banyak kotoran yang dibiarkan menumpuk semakin tidak baik untuk dilihat yang lebih bahaya lagi akan mendatangkan berbagai penyakit atau wabah di sekitarnya.
Patutu kita renungkan tentang sebuah hadits Rasulullah SAW yang maksudnya ''islam itu bersih maka hendaklah kamu suka membersihkan diri kamu, tidak akan masuk surga kecuali orang-orang yang bersih.'' (HR.Dailami)
Lingkungan yang bersih akan menjadikan hidup kita lebih sehat, udara terasa sejuk, tempat tinggal menjadi bersih dan terhindar dari segala penyakit. Maka dari itu kita harus selalu menjaga kebersihan lingkungan karena banyak sekali manfaatnya untuk kehidupan.
Adapun cara yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan alam agar bersih dan nyaman adalah sebagaimana dilansir dari laman imront, yakni:
1. Membuang sampah pada tempatnya
Membuang sampah tidak pada tempatnya membuat lingkungan menjadi kotor dan terdapat berbagai penyakit. Oleh sebab itu menjaga kebersihan sangatlah penting,yakni dengan membuang sampah pada tempatnya,tidak membuag di sungai dan selokan yang membuat aliran air tidak lancar. Peneybab Terjadinya Banjir

2. Hindari Tebang Liar
Sebisa mungkin menghindari penebangan hutan liar secara membabi buta dan dapat mengakibatkan gundulnya hutan,karena dengan gundulnya hutan dapat mengakibatkan tanah longsor dan lain lain. Cara mengatasinya yakni dengan melakukan tebang pilih dan selalu melakukan penanaman hutan kembali (reboisasi) untuk mengganti hutan yang ditebang. Dengan adanya reboisasi,hutan akan terjaga dan lingkungan asri pun terjaga.

3. Membersihkan Lingkungan setiap hari
Membersihkan lingkungan memang sangatlah penting,karena dengan bersihnya lingkungan dampak positifnya yakni terhindar dari berbagai penyakit. Lingkungan mencakup banyak aspek,antara lain lingkungan alam,lingkungan sekolah dan lingkungan rumah. Semuanya sama-sama sangat penting untuk menjaganya. Oleh sebab itu butuh kerjasama dan kerja bakti untuk membersihkan suatau lingkungan secara maksimal

4. Tidak Merusak Tanaman sekitar
Merusak berbeda dengan menata ulang. Pada poin ini dilarang merusak tanaman sekitar,yakni tanaman yang tidak mengganggu aktifitas sehari hari dan bisa bermanfaat, Cara Menjaga Kebersihan Sekolah. Dengan selalu menjaga dan merawat tanaman,maka tindakan kita ini termasuk menjaga lingkungan alam. Pada hakikatnya tanaman-tanaman ini sangat bermanfaat sebagai penyerapan karbondioksida dan mengeluarkan oksigen yang cukup untuk manusia.

5. Tidak membuang bahan kimia di aliran sungai
Membuang bahan kimia di aliran sungai membuat aktifitas dan ekosistem sungai mencari rusak dan tercemar. Cara Menjaga dan Melestarikan Sungai. Seperti yang kita ketahui juga bahwa membuang limbah ke aliran sungai menyebabkan sungai dan sekitanya menjadi bau, ini yang menyebabkan hilangnya keasrian ekosistem sungai. Oleh sebeb itu hindari semaksimal mungkin pembuangan limbah ke alira sungai.

6. Menanam kembali hutan yang gundul
Dengan menanm kembali hutan yang gundul bisa membuat dan melestarikan alam secara alami,serta menjadi tempat ekosistem yang baik. Menanam hutan yang gundul mampu untuk memperbaharui sumber daya alam,menanam hutan kembali bermakna banyak yakni seperti menanam hutan bakau,hutan jati dan lain sebagainya yang bermanfaat bagi kehidupan manusia

7. Melakukan Tebang Pilih
Melakukan tebang pilih dampaknya yakni untuk menghindari bencana tanah longsor,dengan melakukan tebang pilih bisa menghemat pohon yang akan ditebang. Untuk melakukan tebang pilih biasanya memerlukan perizinan dari pemerintah,dan saya sangat setuju karena hutan kita sekarang sudah hampir gundul akibat tebang liar dan pembakaran hutan untuk membuka lahan perkebunan dan perumahan dan pabrik.

8. Mencari Ikan dengan cara tradisional
Melakukan pencarian ikan dengan cara tradisional memang aman dan tidak merusak habitat ikan dan ekosistem dalam air. Dengan adanya pencarian ikan dengan bom dan racun,menimbulkan ekosistem air yang terganggu. Seperti memancing di danau lebih baik daripada menggunakan bom dan racun untuk mencari ikan,karena akan merusak ekosistem danau,begitu juga di sungai.

9. Menanam Pohon di pinggir jalan Kota
Menanam pohon di pinggir jalan membantu untuk penyerapan karbon dioksida yang dihasilkan kendaraan bermotor. Dengan begitu akan sedikit mengurangi efek asap kendaraan bermotor yang dapat menimbulkan suatu penyakit

10. Membuat Terasiring didaerah pegunungan
Manfaat dari sengkedan (terasiring) adalah spaya tidak terjadinya tanah longsor yang merugikan masyarakat setempat. Dan dengan adanya terasiring juga membuat para petani merasa aman karena sawahnya tidak mudah terkena longsir.

11. Mengurangi penggunaan asap kimia
Asap kimia yang dimaksud yakni asap rokok asap pabrik dan lain lain yang mengakibatkan banyaknya karbon dioksida yang mengancam keasrian alam.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan berkaitan dengan Cara Menjaga Lingkungan Agar Bersih dan Nyaman. Semoga bermanfaat!!!

Artikel Terkait

Cara Menjaga Lingkungan Agar Bersih dan Nyaman
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

loading...