Home » , » #5 Kunci Sukses Orangtua Dalam Mendidik Anak di Era Digital

#5 Kunci Sukses Orangtua Dalam Mendidik Anak di Era Digital

Kunci Sukses Orangtua Dalam Mendidik Anak : Nadiguru.web.idTibanya era digital memudahkan bagi siapapun untuk mengakses dan mencari berbagai informasi. Pencarian tersebut tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat karena pada era digital pencarian informasi bisa dilakukan kapan dan dimana saja serta oleh siapa saja, baik orangtua, remaja, termasuk juga yang masih anak-anak.
#5 Kunci Sukses Orangtua Dalam Mendidik Anak di Era Digital

Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman Tribun News bahwa anak-anak pada era generasi millennial, menjadi sangat cepat melakukan adaptasi terhadap perkembangn teknologi informasi (TI). Dengan begitu, para orangtua di era digital sekarang ini akan menghadapi berbagai macam tantangan dalam mengasuh dan membesarkan anak-anaknya. Para orangtua, pastinya akan dituntut untuk mempersiapkan anak-anaknya agar bisa menjadi lebih tangguh guna bisa menghadapi persaingan global.
Menurut Samantha Ananta selaku Psikolog anak dan remaja, bahwa orangtua generasi milenial dituntut untuk memiliki cara yang berbeda dalam mengasuh dan membesarkan anak-anak. Khususnya dalam hal kecenderungan untuk memperoleh sesuatu secara mudah dan juga instan. Faktanya, anak-anak tersebut menemukan aspirasi dan juga berbagai tantangan baru di masa usianya.
Dengan begitu, peran orangtua sangatlah dibutuhkan dalam membangun kepercayaan diri dan juga sikap berani untuk mencoba, tanpa dihantui rasa takut akan mengalami kegagalan. Ada beberapa cara bagi orangtua dalam membangun kepercayaan diri terhadap anak-anak mereka, yakni adalah sebagai berikut:

Pertama, berikan pujian ataupun pengakuan yang bernilai positif terhadap anak-anak pada waktu yang tepat. Misalnya, ketika anak-anak berhasil melaksanakan suatu tugas dengan baik. Interaksi yang dilakukan oleh orangtua dan juga anak ini akan memberikan dorongan rasa percaya diri terhadap anak.

Kedua, orangtua jadilah teladan dalm tumbuh kembang anak-anak. Dalam hal ini, orangtua harus menjadi ‘cerminan’ yang positif bagi diri anaknya.

Ketiga, orangtua diharuskan untuk menanamkan pada diri anak akan pentingnya suatu proses dibandingkan hasil yang instan. Contohnya saja adalah para orangtua dapat membuat target-target pembelajarn yang akan dicapai oleh anak mereka.

Keempat, orangtua harus fokus kepada pembentukan karakter (character building). Dalam melakukan pengembangan terhadap diri anak-anak, orangtua harus focus terhadap pembentukan karakter. Kesepakatan antara orangtua danjuga  anak-anak tak hanya dilakukan melalui aktivitas belajar, namun bisa dengan aktivitas fisik lainnya, seperti berolahraga. Dalam hal ini, olahraga yang dilakukan seorang anak adalah salah satu cara untuk menjalin kerjasama, belajar kepemimpinan, kedisplinan serta kunci sukses para orangtua menjadikan anak-anak sebagai generasi pemenang dan juga pemimpin di masa yang akan datang.

Kelima, orangtua haruslah mengutamakan terhadap kebersamaan dalam keluarga di setiap harinya. Hal itu agar anak bisa merasakan jika orangtua tersebut hadir dalam perkembangan dirinya. Hal ini bisa dilakukan dari komunikasi yang tetap terjalin, baik secara langsung maupun juga tidak langsung antara para orangtua dan anak.

Dari kelima cara di atas tersebut para orangtua haruslah memahami bahwasannya rasa percaya diri pada anak itu perlu dibangun sejak  masih dini dan dilakukan secara secara bertahap, baik fisik maupun juga dari segi jiwanya.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan derkaitan dengan #5 Kunci Sukses Orangtua Dalam Mendidik Anak di Era Digital. Semoga bermanfaat!!!


0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!