Blog Guru : Pendidikan, Kebudayaan, Kesehatan, Teknologi, Hot News, dll.

Mengenal Sejarah Korps Wanita Angkatan Laut

Sejarah Korps Wanita Angkatan Laut : Nadiguru.web.idSetiap tanggal 5 Januari diperingati sebagai Hari jadi Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal). Kowal merupakan sebutan yang diberikan kepada para prajurit wanita Tentara Nasional Indonesia (TNI). Dimana ide untuk dibentuknya Kowal ini dicetuskn oleh Yos Sudarso. Yang kemudian ide tersebut direalisasikan melalui surat keputusan Men/Pangal Nomor : 5401.24 pada tanggal 26 Juni tahun 1962 oleh menteri atau Panglima Angkatan Laut Laksamana RE Martadinata.
Kemudian, Laksamana RE Martadinata melantik para anggota Kowal yang pertama pada tanggal 5 Januari 1963 yang bertempat di Markas Besar Angkatan Laut yakni jl. Gunung Sahari 67 Jakarta.
Mengenal Sejarah Korps Wanita Angkatan Laut

Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman reresyuresyimeivitasari. blogspot.co.id, sesungguhnya, sejarah lahirnya Kowal ini adalah pada masa-masa sulit yakni di tengah-tengah gelombang perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaannya. lahirnya Malahayati, dari korps wanita TNI AL tahun 1945 merupakan pelopor dan sekaligus menjadi cikal bakal dari para wanita yang mengabdikan diri pada TNI AL.
Letnan Kolonel Barnejet Teugeh tampil sebagai slah satu perwira ALRI yang menjadi pemimpin ekspedisi dan juga yang menyusun kekuatan bersenjata di luar pulau Jawa. Ketika perang kemerdekaan telah berakhir, peran wanita dlam jajaran Angkatan Laut tersebut belum juga memiliki wadah. Hal itu seiring dengan sibuknya ALRI dalam melakukan konsolidasi organisasi pasca revolusi.
Seiring dengan pembangunan ALRI di awal dasawarsa pada tahun 1960-an.  Kebutuhan terhadap tenaga wanita dlam kedinasan Angkatan Laut pun semakin terasa. Pembentukan Korps wanita pada jajaran Angkatan Laut tersebut berkaitan dengan aspek egisensi. Maksudnya adalah bahwa terdapat bidang-bidang tertentu yang memang lebih sesuai untuk dikerjakan oleh wanita.
Dari masa ke masa, sejalan dengan dinamika perjalanan sejarahnya maka Kowal pun terus mengalami perkembangan sesuai dengan tuntutan organisasi TNI Angkatan Laut. Awal mula pembentukanya, Kowal merupkan korps yang berdiri sendiri. Demikian juga ketika keanggotaannya diperluas hingga strata Bintara. Yang kemudian, sejak tahun 1963, Bintara mempunyai kejuruan tersendiri.
Pada tahun 1983, Korps dan kejuruan Kowal pun terintegrasi penuh dengan korps dan juga kejuruan yang terdapat pada TNI Angkatan Laut. Sebutan korps di lingkungan kowal tersebut diartikan sebagai pengelompokan secara administrasif dan juga bukanlah sebagai kecabangan ataupun kejuruan seperti yang berlaku di awal pembentukannya. Seiring dengn semangat emansipasi dan juga kemitraan sejajaran dengan pria. Pembinaan profesi anggota Kowal dilaksanakan sesuai dengan ketentuan prajurit TNI Angkatan Laut pada umumnya. Sementara itu, pembinaan kodrat kewanitaan tetap juga dilaksanakan di bawah pembinaan khusus Kowal. Dinamika ini pun tergambar pada struktur organisasi maupun juga penyebutannya.
Dari Markas Kowal pada masa awal pembentukannya, kemudian berubah menjadi Minperswan dan Bin Kowal.
Pada tahun 1985, struktur Binkowal pun dihapus dan pemimpin TNI Angkatan Laut menunjuk seorang Perwira menengah Kowal selaku pembina dengan sebutannya adalah Pembina Kowal. Dan kedudukan Pembina Kowal berada di bawah Paban-V Watpers Spersal, dengan sebutannya adalah Pabandya Bin Kowal.
Dilihat dari sisi kodratnya seorang wanita, bagi anggota Kowal sudah terbina hubungan danjuga  kerjasama yang baik dengan ibu-ibu Jalasenastri.  Yang kemudian pada tahun 1986, hubungan itu diformalkan melalui surat keputusan Kasal No : skep/7222/VIII/1986 pada tanggal 19 Agustus 1986.
Waktu pun terus berlalu, perjalanan pengabdian dari anggota Kowal pun terus berlanjut. Dengan segala dinamikanya, Kowal memiliki motto pengabdian dan kehormatan yakni “Jiwaku maka pengabdian kepada bangsa dan negara tidak akan pernah pudar”.

Demikianlah informasi singkat dalam Mengenal Sejarah Korps Wanita Angkatan Laut. Semoga bermanfaat!!!

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!