Home » , » Potret Anak yang Orangtuanya Bercerai

Potret Anak yang Orangtuanya Bercerai

Dampak Perceraian Orangtua terhadap Anak : Nadiguru.web.id – Tak ada seorang anak pun yang menginginkan jika kedua orangtuanya bercerai. Semua anak pasti menginginkan dan memiliki keluarga yang utuh. Namun, meskipun demikian faktanya tak sedikit dari anak yang mengalami nasib malang yakni orangtuanya tersebut berpisah karena perceraian.
Salah satunya nasib malang itu menimpa dua orang anak laki-laki, yang satu sekarang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dan yang satu lagi duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) setara dengan SMA. Keduanya, bukanlah orang lain melainkan saudaraku sendiri. Tepatnya, saudara dari istriku.
Potret Anak yang Orangtuanya Bercerai

Tulisan ini bukan maksud untuk menyebarkan aib dari keluarga sendiri, namun sebagai pengingat untuk kita semua. Bahwa ternyata, perceraian yang didasarkan dari keegoisan orangtuanya baik keegoisan dari seorang ibunya maupun juga keegoisan dari ayahnya itu berdampak yang sangat besar terhadap kondisi si anak.
Adapun kondisi anak tersebut sebagai potret dari bercerainya orangtua yang mereka sayangi dan cintai adalah sebagai berikut:

1. Kurang perhatian sehingga menjadi ‘liar’
Sebagaimana yang diketahui kita bersama bahwa seorang anak itu sangat membutuhkan perhatian dari kedua orangtuanya. Perhatian itu akan menjadikan si anak merasa nyaman dan bahagia. Kurangnya perhatian dari orangtunya menjadikan si anak ‘liar’. Maksudnya, si anak tersebut akan berperilaku yang tidak wajar seperti tidak betah diam di rumah karena mencari perhatian dari lingkungan luar sana. Bahkan, bisa jadi kehidupannya akan menjadi terbalik. Dalam artian terbalik disini yakni dia ngelayap (keluar) di malam hari dan tidur di waktu siang hari. Selain itu, liarnya juga tak bisa dinasihati bagaikan masuk di kuping kanan dan keluar di kuping kiri.

2. Prestasi di sekolah menjadi berantakan
Sebagai orangtua, pastinya menginginkan jika anak-anak tersebut bisa menjadi siswa yang berprestasi di sekolahnya. Siswa yang mampu membanggakan kedua orangtuanya. Namun, jika kondisi orangtuanya sendiri telah bercerai. Bagaimana mungkin seorang anak itu bisa berkonsentrasi dalam menjalani rutinitas pendidikannya. Apalagi kondisinya seperti yang telah diutarakan di atas jika malem kelayapan maka saat sekolah pun pasti akan mengalami kantuk yang berat sehingga apa-apa yang diajarkan oleh guru tidak benar-benar diserap oleh dirinya. Sehingga, hal itu pun akan mengakibatkan prestasinya menjadi berantakan.

3. Emosinya tidak stabil
Suasana hati dari seorang anak yang ditinggal cerai kedua orangtuanya menjadi tak menentu dan emosinya pun tidak stabil. Dalam hal ini, anak tersebut akan mudah tersinggung apabila ada obrolan atau sikap yang tidak sesuai dengan keinginannya. Mungkin saja, apabila obrolan atau sikap yang tak enak itu keluar dari yang seusianya, tak bisa dimungkiri jika akan terjadi perkelahian antara dirinya dan orang tersebut.

Itulah sebagian potret dari seorang anak yang orangtuanya bercerai. Pastinya potret di atas hanyalah sebagian kecil dari potret yang sebenarnya terjadi.
Mudah-mudahan saja tulisan di atas bisa menjadi pengingat untuk saya pribadi agar bisa menjaga keutuhan rumah tangga sampai ajal tiba menjemput diri saya. Dan semoga, Anda pun yang membaca tulisan ini bisa mendapatkan manfaatnya.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih banyak atas ketersediaannya berkunjung ke blog sederhana Nadiguru.web.id ini. Semoga sukses selalu… 


0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada form di bawah ini!

Sering Dikunjungi